dc.description.abstract | ABSTRAK
Iin Sari Ayu, 2023. “Efektivitas Metode Discovery Learning Pada Hasil belajar Matematika Kelas IV di MI Miftahul Ulum Anggana Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Muhammad Eka Mahmud, M.Ag dan Abdul Razak, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah penyebab rendahnya hasil belajar matematika diduga disebabkan dalam proses pembelajaran masih berpusat pada pendidik. Pendidik hanya menjelaskan dan memberikan soal untuk dikerjakan. Penyebab lain yang diduga terjadi dalam pembelajaran adalah peserta didik belum diberi kesempatan untuk melakukan proses penemuan dan sebagian peserta didik tidak menyukai mata pelajaran matematika, siswa mengatakan bahwa mata pelajaran matematika sangat sulit dan membosankan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas IV dengan menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning di MI Miftahul Ulum Anggana.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen dengan jenis deskriptif serta menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Anggana. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas experimen dan kelas kontrol yang berjumlah 52 siswa. Objek penelitianini adalah guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa sedangkan subjeknya adalah siswa kelas IV Khalid Bin Walid, dan siswa kelas IV Khadjidah. Pengumpulan data ini menggunakan hasil pre-test dan post-test soal pilihan ganda. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t.
Hasil temuan penelitian dengan menggunakan metode discovery learning memperoleh nilai rata-rata 82,96. Hasil belajar matematika menggunakan metode pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata 75,75. Terdapat pengaruh metode pembelajaran Discovery Learning pada hasil belajar matematika kelas IV di MI Miftahul Ulum Anggana. Pembelajaran dengan metode discovery learning memberikan kontribusi yang baik bagi tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan dan pembelajaran lebih bermakna sehingga siswa lebih mendapatkan pengalaman secara langsung yang dapat tertanam dalam ingatannya.
Kata Kunci : Discovery Learnin, Hasil Belajar, Matematika. | en_US |