dc.description.abstract | ABSTRAK
Muhammad Irfan Firdaus, 2023. “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTs Nabil Husein Samarinda Kalimantan Timur”. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Peneliti ini dibimbing oleh Bapak Dr. Suratman, M. Pd selaku pembimbing I dan Bapak Muhammad Khairul Rijal, M. Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nabil Husein merupakan sekolah yang mengutamakan kedisiplinan. Hal ini terlihat pada proses pelaksanaan manajemen kesiswaan yang dijalankan oleh kepala sekolah dan waka kesiswaan. Maka dari itu perlunya manajemen kesiswaan yang baik agar dapat mempelancar dan meningkatkan proses kedisiplinan siswa. Maka dengan adanya sistem point yang diterapkan sebagai pedoman penilaian atau penghargaan siswa di harapkan adanya peningkatan dalam kedisiplinan siswa. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dan untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan siswa agar membuat siswa yang berada di MTs Nabil Husein Samarinda lebih disiplin.
Penelitian ini dilakukan di MTs Nabil Husein Samarinda dengan menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, dan pembina osis. Teknik analisis data yang digunakan antara lain kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian di MTs Nabil Husein Samarinda, menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan telah berperan penting dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Nabil Husein Samarinda. Pertama, menjalankan tugasnya dengan membuat program kerja sekolah yang telah dikoordinasikan dan bekerjasama dengan para pendidik maupun tenaga kependidikan. Kedua, manajemen kesiswaan menjalankan fungsinya sebagai leader, motivator, dan supervisor untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. dari data yang telah dikumpulkan kedisiplinan siswa mengalami peningkatan sehingga terjadi penurunan pelanggaran terhadap pertaturan sekolah.Sementara faktor pendukung dalam meningkatkan kedisiplinan siswa adalah adanya tata tertib yang berlaku serta adanya kerjasama yang baik antar pihak sekolah dan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ada beberapa guru yang belum dapat menjadi panutan siswa dalam hal kedisiplinan dan siswa yang salah pergaulan yang mengakitbatkan kurangnya kedisiplinan. | en_US |