Pengaruh Kegiatan Assembly Tema Mesin Waktu Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SD Islam Al Azhar 47 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nurul Soniyah Salpiyah, 2023. Skripsi Pengaruh Kegiatan Assembly Tema Mesin Waktu Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SD Islam Al Azhar 47 Samarinda, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibdtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Siti Nor Asiah, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Ahmad Maulana Syafi‟i, M.Si selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini bermula dari pengamatan peneliti di sebuah sekolah yaitu SD Islam Al Azhar 47 Samarinda. Peneliti mengamati sebuah kegiatan rutin tahunan yang terintegrasi dengan kegiatan belajar mengajar di kelas. Kegiatan yang dimaksud ialah kegiatan assembly dengan tema mesin waktu yang terintegrasi dengan sebuah mata pelajaran yaitu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) tema 7 kelas V semester 2. Melihat hal tersebut, peneliti ingin mencari tahu apakah terdapat pengaruh antara kegiatan assembly tema mesin waktu terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Islam Al Azhar 47 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian dilakukan di SD Islam Al Azhar 47 Samarinda. Populasi pada penelitian ini berjumlah 459 siswa, sedangkan sampel yang diambil terdiri dari 58 siswa yang ada di kelas VA, V B dan V C SD Islam Al Azhar 47 Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji korelasi dan uji hipotesis dengan uji t.
Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil uji hipotesis uji t yang menunjukkan t hitung < t tabel = 0,816 < 2,021. Angka tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh kegiatan assembly tema mesin waktu terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) tema 7 semester 2 pada siswa kelas V SD Islam Al Azhar 47 Samarinda. Tidak adanya pengaruh juga ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji korelasi r hitung < r tabel yaitu 0,816 < 2,021. Jika dilihat berdasarkan skala interpretasi koefisien korelasi, angka 0,816 berada pada interval 0,00 – 1,99 dengan tingkat hubungan yang sangat lemah. Hal tersebut disebabkan karena pada kegiatan assembly lebih menekankan kepada sikap, karakter dan keterampilan atau yang biasa dikenal dengan aspek afektif dan psikomotorik. Sedangkan penilaian hasil belajar diperoleh dari nilai ulangan harian yang mencakup aspek kognitif.