View Item 
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Manajemen Pembelajaran Paud Berbasis Bahasa ‎Inggris di Paud Kota Balikpapan

Thumbnail
View/Open
Bukhori.docx (15.33Kb)
Date
2022
Author
Bukhori, Bukhori
Metadata
Show full item record
Abstract
Bukhori, 2022. “Manajemen Pembelajaran Paud Berbasis Bahasa ‎Inggris Di Paud Kota Balikpapan”. Tesis. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris, Samarinda. Tesis ini dibimbing oleh Dr. Hj. Noorbaiti, M.Ag., sebagai pembimbing I dan Dr. Hj. Ity Rukiyah, M.Si., sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memperhatikan manajemen pembelajaran pada pendidikan anak usia dini karena anak-anak memiliki potensi daya imajinasi, kreativitas, inovatif, dan proaktif, termasuk kemampuan dalam menggunakan bahasa. Keberhasilan pada pembelajaran yang berbasis bahasa Inggris tentu tidak terlepas dari manajemen pembelajaran yang telah didesain sedemikian rupa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran dalam pengajaran bahasa inggris pada PAUD di Kota Balikpapan. Metodepenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatif denganjenispenelitianstudikasus pada tiga sekolah, yaitu PAUD Early Childhood Community, PAUD Cahaya Andika dan PAUD Happy Holy Kids.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi pada sumber dan teknik. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran bahasa Inggris PAUD harus telah disusun dan muncul dalam program tahunan, semester, mingguan dan RPPH. Proses pembelajaran bahasa Inggris PAUD dilakukan dengan prinsip belajar sambil bermain. Sedangkan penilaian pembelajaran dilakukan dengan standar PAUD yang mencakup prinsip penilaian, teknik, dan instrumen penilaian, mekanisme penilaian, pelaksanaan penilaian dan pelaporan hasil penilaian. Secara umum penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi para praktisi pengajar PAUD, orang tua, dan sekolah dalam mengimplementasikan pembelajaran bahasa Inggris secara efektif dan atraktif bagi anak.Sehingga kemampuan anak dalam penguasaan keahlian bahasa Inggris bisa terasah dengan baik.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3338
Collections
  • E-Thesis - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [35]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV