Show simple item record

dc.contributor.authorBukhori, Bukhori
dc.date.accessioned2023-08-15T23:56:57Z
dc.date.available2023-08-15T23:56:57Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3338
dc.description.abstractBukhori, 2022. “Manajemen Pembelajaran Paud Berbasis Bahasa ‎Inggris Di Paud Kota Balikpapan”. Tesis. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris, Samarinda. Tesis ini dibimbing oleh Dr. Hj. Noorbaiti, M.Ag., sebagai pembimbing I dan Dr. Hj. Ity Rukiyah, M.Si., sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memperhatikan manajemen pembelajaran pada pendidikan anak usia dini karena anak-anak memiliki potensi daya imajinasi, kreativitas, inovatif, dan proaktif, termasuk kemampuan dalam menggunakan bahasa. Keberhasilan pada pembelajaran yang berbasis bahasa Inggris tentu tidak terlepas dari manajemen pembelajaran yang telah didesain sedemikian rupa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran dalam pengajaran bahasa inggris pada PAUD di Kota Balikpapan. Metodepenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatif denganjenispenelitianstudikasus pada tiga sekolah, yaitu PAUD Early Childhood Community, PAUD Cahaya Andika dan PAUD Happy Holy Kids.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi pada sumber dan teknik. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran bahasa Inggris PAUD harus telah disusun dan muncul dalam program tahunan, semester, mingguan dan RPPH. Proses pembelajaran bahasa Inggris PAUD dilakukan dengan prinsip belajar sambil bermain. Sedangkan penilaian pembelajaran dilakukan dengan standar PAUD yang mencakup prinsip penilaian, teknik, dan instrumen penilaian, mekanisme penilaian, pelaksanaan penilaian dan pelaporan hasil penilaian. Secara umum penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi para praktisi pengajar PAUD, orang tua, dan sekolah dalam mengimplementasikan pembelajaran bahasa Inggris secara efektif dan atraktif bagi anak.Sehingga kemampuan anak dalam penguasaan keahlian bahasa Inggris bisa terasah dengan baik.en_US
dc.publisherPAI Pascasarjana UINSI Samarindaen_US
dc.subjectPendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.titleManajemen Pembelajaran Paud Berbasis Bahasa ‎Inggris di Paud Kota Balikpapanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nim1820300012


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record