Show simple item record

dc.contributor.authorRamadanita, Siska
dc.date.accessioned2023-09-04T03:34:31Z
dc.date.available2023-09-04T03:34:31Z
dc.date.issued2023-06-22
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3369
dc.description.abstractABSTRAK Siska Ramadanita, 2023, “Pengaruh Metode Eksperimen Tehadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Gaya Magnet Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Tenggarong”, skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Juhairiah, M.Pd. selaku dosen pembimbing I dan Bapak M. Agil, S.Si,M.Sc. selaku dosen pembimbing II. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri 005 Tenggarong berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Tujuan dari penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi gaya magnet pada siswa kelas IV di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan ialah peserta didik kelas IV SDN 005 Tenggarong yang terdiri dari 53 peserta didik, dan sampel yang digunakan ialah kelas IV A yang terdiri dari 28 peserta didik dan kelas IV B yang terdiri 25 peserta didik. Desain penelitian yang digunakan ialah nonequivalent control group design, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 005 Tenggarong. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik pengujian uji coba instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi gaya magnet pada siswa kelas IV SDN 005 Tenggarong, pada kelas eksperimen IV A yang telah diberi perlakuan dengan menggunakan metode eksperimen memperoleh nilai ratarata posttest sebesar 75 dan hasil belajar kelas kontrol IV B yang dijadikan sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 54,4. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode eksperimen terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi gaya magnet pada siswa kelas IV di SDN 005 Tenggarong.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMetode Eksperimen, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Materi Gaya Magneten_US
dc.titlePengaruh Metode Eksperimen Tehadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Gaya Magnet Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Tenggarongen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record