Pengelolaan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa (Studi Multi Situs Di SMP Negeri 4 Samarinda dan SMP Negeri 5 Samarinda)
Abstract
ABSTRAK
Ira Muliati, 2023 “Pengelolaan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa (Studi Multi Situs Di SMP Negeri 4 Samarinda dan SMP Negeri 5 Samarinda)”. Skripsi jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Siti Maulidah,S.Pd. I., M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini yaitu karena kegiatan membaca masih menjadi kegiatan “Mewah” dimata siswa. Disamping itu, penyebab dari tingkat baca yang rendah, sarana yang disediakan seperti perpustakaan, taman baca dan pojok baca belum bisa termanfaatkan dengan maksimal, maka diperlukannya juga pengelolaan perpustakaan yang baik dan strategi sekolah dalam meningkatkan minat baca tersebut, sehingga peneliti melakukan penelitian terkait pengelolaan perpustakaan di SMP Negeri 4 Samarinda dan SMP Negeri 5 Samarinda dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengelolaan perpustakaan dan strategi yang dilakukan dalam meningkatkan minat baca siswa.
Metode yang digunakan peneliti pada penelitian ini yaitu kualitatif. Dengan menghasilkan data deskriptif. Sumber data penelitian yaitu kepala sekolah, staf perpustakaan, kepala perpustakaan dan dua orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan juga penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengelolaan perpustakaan di SMP Negeri 4 Samarinda dan SMP Negeri 5 Samarinda sudah baik pengelolaan perpustakaannya yaitu sesuai dengan fungsi menajamen yakni : a) Perencanaan, yang terdiri dari, perencanaan pengelolaan gedung, perencanaan sarana dan prasarana, perencanaan kelengkapan koleksi, dan perencanaan pembiayaan; b) Pengorganisasian perpustakaan, dengan membuat struktur organisasi pengelola perpustakaan dan menyusun job description; c) Pelaksanaan, dimana pengelolaan perpustakaan berdasarkan arahan dari atasan; d) Pengawasan, dimana pengelolaan perpustakaan oleh kepala sekolah secara langsung dengan melihat pelaksanaan program kerja perpustakaan. Sedangkan, Strategi dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu dengan melaksanakan kegiatan literasi, pemberian hadiah (Reward), menambah koleksi, menata ulang ruang baca, dan mengadakan program duta baca.