dc.description.abstract | ABSTRAK
Siti Hajar Aswad, 2023. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan social siswa kelas V SDI Al Hikmah Samarinda. Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruhan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian Pembimbing 1 Drs Khairul Saleh, M.Ag dan Pembimbing ll Ahmad Maulana Syafi‟I, M, Si.
Peneliti ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Hal ini disebabkan karena pembelajaran banyak didominasi oleh guru, sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif dan hasil belajarnya rendah. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengkonstrusikan sendiri pengetahuannya, salah satunya yaitu menjelaskan pembelajaran berbasis masalah. Efektivitas ini dikembangkan untuk melatih siswa agar memiliki kemampuan, keterampilan bertanya dan menjawab serta mampu menyelesaikan sendiri permasalahan. Stategi berbasis masalah sangat baik diterapkan dan melibatkan siswa dalam mengulang materi pembelajaran yang telah disampaikan. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas V SDI.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis Eksperimen (Eskperimental Research) teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Posttest Only Control Group Desain yang bertujuan mengetahui Efektivitas Dalam Menjelaskan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial SDI Samarinda. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogentitas,dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian menjukkan bahwa ada efektifitas dalam menjelaskan pembelajaran berbasis masalah dari hasil penelitian diperoleh dengan memberikan post-test pada akhir pertemuan berbentuk soal uraian yang dianalisis menggunakan Uji-t. Dari hasil analisis yang disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar murid dengan menerapkan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) Pada materi suku bangsa Hal ini di buktikan dengan hasil analisis statistikdeskripsi X1 = 70,60, X2 = 20,48 dan hasil analisis statistika inferensial pada (α) = 0,05 diperoleh T hitung (7.86) > T tabel(1,676) | en_US |