Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nur Syahriani. 2023. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Gianto, S.Pd., M.Pd.I selaku Pembimbing I dan Ibu Sunanik, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang telah menerapkan beberapa model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, namun hasil belajar Bahasa Indonesia siswa masih kurang dalam proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Khususnya kelas III, hasil belajar siswa masih rendah karena kesungguhan dan partisipasi dalam proses pembelajaran masih kurang maksimal, ditandai dengan Penilaian Akhir Semester 1 pada tahun ajaran 2022/2023 terdapat 40,6% siswa yang mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Maksima (KKM) Bahasa Indonesia yaitu 75, terdapat 15 dari 32 siswa kelas III A dan 11 dari 32 siswa kelas III C yang belum mencapai KKM. Berdasarkan hal tersebut perlu upaya dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan metode quasi experimental design dengan bentuk Nonequevalent control group design. Subjek dalam penelitian ialah siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda, penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dan kelas III C sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dengan menggunakan teknik Purposive sampling, adapun objek dalam penelitian ialah efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda. Tes yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pretest dan posttest kemudian data tersebut dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic Version 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick efektif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil uji statistic (independent t-test) nilai thitung sebesar 6.734 dan ttabel yaitu 1.669 dan sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Serta besar efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda pada perhitungan uji N-Gain Skor pada kelas eksperimen diperoleh yaitu 72,0% masuk dalam kategori tinggi.