dc.description.abstract | ABSTRAK
Humairah H, 2023. “Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Lina Revilla Malik, M. Si dan Ibu Siti Nasiah, M. Pd.
Variasi gaya mengajar guru merupakan perubahan-perubahan yang dilakukan guru dalam proses belajar mengajar, variasi gaya mengajar guru sangat erat hubungannya dengan minat belajar siswa. Variasi gaya mengajar guru dapat mendorong, mengarahkan dan meningkatkan minat belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru juga merupakan pemegang kunci keberhasilan dalam pembelajaran serta kunci kesuksesan untuk siswanya dan bagaimana seorang guru mampu mengembangkan minat belajar siswa dan mampu mengembangkan rasa keingintahuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi gaya mengajar guru secara signifikan terhadap minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa MIN 1 Samarinda yang berjumlah 570 siswa, Teknik sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sehingga peneliti mengambil sampel dengan jumlah 61 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik uji coba instrumen terdiri dari dua bagian yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan analisis data statistik deskriptif, uji prasyarat yang didalamnya terdapat uji normalitas dan uji linearitas, pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi product moment, uji koefisien determinasi dan uji t.
Berdasarkan hasil analisis data korelasi product moment diketahui bahwa ada pengaruh positif antara variasi gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda. Nilai korelasi product moment yaitu 𝑟ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (0,742 > 0,254), bila dikonsultasikan dengan tabel interprestasi r berada diantara 0,70-0,90 berada pada tingkat hubungan kuat. Sedangkan hasil koefisien determinasi sebesar 0,550 atau 55,0% dan sisanya 44,1% ditentukan variabel lain yang tidak diketahui dan pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji t, diperoleh hasil 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (8,499 > 1,671) artinya hipotesis yang dikemukakan terdapat pengaruh yang signifikan variasi gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda. | en_US |