Strategi Pemasaran Produk Busana Muslim Elzatta di Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Pujianti. 2018. Strategi Pemasaran Produk Busana Muslim Elzatta di Samarinda. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Jurusan Ekonomi Syariah, Program Studi Ekonomi Syariah (ES) Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H.M. Birusman Nuryadin, S.E., M.M dan Ibu Hj Kokom Komariah, SP, M.Si.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan semakin berkembangnya bisnis sejenis yang mengharuskan para pengusaha berinovasi dan mengeluarkan produk-produk baru yang berbeda dengan usaha lain. Selain melahirkan inovasi baru pengusaha juga harus pintar mengatur strategi pemasaran yang akan digunakan untuk usaha yang akan dikelolanya agar dapat sesuai dengan target yang hendak didapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara yang di tempuh brand busana muslim Elzatta dalam menjalankan strategi pemasaran agar dapat terus bersaing dengan bisnis sejenis.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilitian lapangan (field research) yang bertempat di store Elzatta Samarinda di jalan S. Parman, Komp. Mall Lembuswana blok C nomor 11, Gunung Kelua, Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, mengenai sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yakni pegawai Elzatta Samarinda dan data sekunder, yakni berbagai tulisan dan literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan hasil penelitian dideskripsikan dan dijelaskan.
Berdasarkan penelitian dan analisis data yang dilakukan peneliti, maka peneliti menyimpulkan bahwa: Pelaksanaan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Elzatta Samarinda Mall Lembuswana sudah baik, tetapi akan lebih baik lagi jika dibarengi dengan perkembangan produk yang berinovasi secara terus menerus.