dc.description.abstract | ABSTRAK
Agus Dewi Prihatini, 2023, “Peningkatan Hasil Belajar IPS menggunakan Media Audio Visual Siswa Kelas IV di MI Raudhatul Ulum Anggana”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Suratman, M.Pd selaku pembimbing I dan Amalia Nur Aini, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Raudatul Ulum pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil observasi pra penelitian di kelas IV terlihat bahwa hasil uji kompetensi belum optimal dengan nilai rata-rata sebesar 62,5. Mata pelajaran IPS yang cenderung lebih banyak teori daripada praktek membuat siswa semakin bosan dengan penggunaan metode pembelajaran konvensional ditambah dengan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah dan belum pernah menggunakan media audio visual, sehingga berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dimana siswa masih banyak yang belum mencapai nilai KKM yang telah ditentukan. Tujuan Penelitian meningkatan hasil belajar IPS menggunakan media audio visual Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ulum Anggana.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar, dokumentasi. Teknik keabsahan data, uji vadilitas, uji tingkat kesukaran soal, uji daya beda, dan uji reabilitas. Teknik analisis data penilaian rata-rata, ketuntasan dan evaluasi keberhasilan belajar.
Hasil Penelitian Tindakan Kelas didapatkan bahwa kegiatan pembelajaran pada prasiklus mencapai 25% dengan nilai rata-rata 60. Siklus pertama mencapai 55% dengan nilai rata-rata 69.95. Siklus kedua siswa mencapai 95% dengan nilai rata-rata 83,50. Hal ini peneliti mangamati hasil evaluasi pada siklus kedua ternyata siswa sudah menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan tingkat keberhasilan sudah mencapai 95%. Beberapa usaha yang dilakukan guru ternyata siswa mengalami peningkatan yang signifikan sehingga memenuhi nilai standar KKM 75 dan memenuhi target yang ditetapkan oleh peneliti yaitu 75. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV di MI Raudhatul Ulum Anggana. | en_US |