Efektivitas Penggunaan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Integral Hijratul Muttaqin Kecamatan Palaran Kota Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Juhariah, 2023 “Efektivitas Penggunaan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Integral Hijratul Muttaqin Kecamatan Palaran Kota Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Gianto, M.Pd.I selaku pembimbing 1 dan ibu Lely Salmitha, M.Pd selaku pembimbing 2.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada kemampuan siswa dalam menulis puisi. Siswa kesulitan menemukan ide dan merangkai kata demi kata menjadi bentuk tertulis. Siswa menganggap menulis puisi sebagai kegiatan membosankan karena pelajaran menulis hanya diterapakan secara teori kepada peserta didik dan terfokus di kelas. Siswa juga belum menuliskan perumpamaan dan majas dalam puisinya karena siswa belum memahami konsep dasar diksi, perumpamaan dan bahasa kiasan. Penelitian ini betujuan mengetahui adanya efektivitas penggunaan media gambar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada keterampilan menulis puisi siswa Sekolah Dasar Integral Hijratul Muttaqin Kecamatan Palaran Kota Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan atau kriteria tertentu dari anggota populasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, test, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji one sampel test.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa nilai rata – rata pretest siswa sebelum menggunakan media gambar adalah 53.53. Sedangkan nilai rata – rata posttest siswa setelah menggunakan media gambar adalah 77.58 dengan peningkatan sebesar 34.05. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji-t dapat diketahui nilai t hitung sebesar 7.79 dengan frekuensi (dk) sebesar 19 - 2 = 17, pada taraf signifikansi 5% diperoleh t tabel = 2.11. Jadi t hitung > t tabel pada taraf signifikan 5% maka hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima penggunaan media gambar efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Integral Hijratul Muttaqin Kecamatan Palaran Kota Samarinda tahun ajaran 2022/2023.