Strategi Marketing Humas dalam Membangun Brand Image di Masyakat (Studi Kasus di SMP Negeri 8 Samarinda)
Abstract
ABSTRAK
Lasiah, 2023 “Strategi Marketing Humas dalam Membangun Brand Image di Masyakat (Studi Kasus di SMP Negeri 8 Samarinda). Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Zamroni M. Pd dan Dr. Sri Susmiyati S. Ag, M. Pd
Latar belakang penelitian ini karena adanya persaingan dalam dunia pendidikan yang semakin kompetitif menuntut lembaga pendidikan untuk membuat perencanaan agar lembaga bisa bertahan dari arus persaingan. Maka, diperlukan strategi marketing dalam upaya membangun brand image sekolah. Strategi pemasaran berguna dalam memperbaiki pelayanan konsumen, mendapatkan citra yang baik dari konsumen dan meningkatkan daya saing lembaga pendidikan. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui strategi marketing humas dalam membangun brand image di masyarakat (studi kasus di SMP Negeri 8 Samarinda, 2) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat strategi marketing humas dalam membangun brand image di masyarakat (studi kasus di SMP Negeri 8 Samarinda).
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang humas, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, peserta didik dan komite sekolah. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah strategi marketing (pemasaran) dalam melakukan strategi pembauran pemasaran yaitu 7P (Product, Price, Place, People, Physical evidence, dan Process). Dalam hal ini strategi marketing yang dilakukan oleh humas dalam membangun brand image sekolah di SMP Negeri 8 Samarinda berupa menciptakan produk yang selalu diminati masyarakat dan memperkenalkan lingkungan sekolah di SMP Negeri 8 Samarinda. Sehingga menciptakan citra positif yang mendorong guru-guru untuk meningkatkan profesisonalismenya, menciptakan lingkungan yang kondusif serta melibatkan orang tua dan masyarakat dalam membangun brand image di SMP Negeri 8 Samarinda. Walaupun SMP Negeri 8 Samarinda memang sekolah negeri yang difasilitasi oleh pemerintah dan dibenak masyarakat bahwa sekolah ini gratis akan tetapi, SMP Negeri 8 Samarinda berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan dan kepuasan kepada masyarakat. Adapun faktor pendukung di antaranya memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, memiliki prestasi akademik dan non akademik, memiliki sarana dan prasarana yang memadai, mampu bekerjasama antara pimpinan dan anggota lainnya, dan letak sekolah yang strategis, sedangkan faktor penghambatnya pada saat ini yaitu bagian pendanaan.