Pengaruh Harga, Merek, Inovasi Produk, Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Produk Halal Sari Madu Bakery Samarinda.
Abstract
ABSTRAK
Syifa Urrahmah, 2023. Pengaruh Harga, Merek, Inovasi Produk, Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Produk Halal Sari Madu Bakery Samarinda. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Tikawati., S.E., M.Si dan Ibu Tika Parlina, M.M.
Maraknya usaha produk roti bermunculan di Samarinda salah satunya merek Sari Madu Bakery Samarinda. Setiap pelaku usaha wajib memahami perilaku konsumen dan faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian serta berupaya untuk mengembangkan dan menciptakan produk yang mempunyai keunggulan yang berbeda dengan para pesaing dan lebih memperhatikan cita rasa serta penggunaan bahan baku yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, merek, inovasi produk, dan cita rasa terhadap keputusan pembelian produk halal Sari Madu Bakery Samarinda, baik secara parsial maupun simultan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini ialah konsumen Sari Madu Bakery Samarinda. Teknik pengambilan sampel ialah Purposive Sampling, dengan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan Rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form. Teknik analisis data yakni uji instrumen, uji asumsi klasik, regresi linier bergdana, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji t (parsial) diketahui bahwa harga secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 0,725 < ttabel 1,985 dan nilai signifikansi sebesar 0,470 > 0,05. Merek secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 0,457 < ttabel 1,985 dan nilai signifikansi sebesar 0, 649 > 0,05. Inovasi Produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 5,597 > ttabel 1,985 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Cita Rasa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 2,639 > ttabel 1,985 dan nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05. Variabel harga, merek, inovasi produk, dan cita rasa secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai Fhitung sebesar 72,115 > Ftabel sebesar 2,31. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh sebesar 75,2% terhadap keputusan pembelian dan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Harga, Merek, Inovasi Produk, Cita Rasa, Keputusan Pembelian