View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peningkatan kemampuan mengenal huruf dengan metode bermain kartu bergambar di Kelompok Bermain Happy Mangkupalas Samarinda Seberang tahun pembelajaran 2016/2017

Thumbnail
View/Open
Nurlinah.docx (15.15Kb)
Date
2018-08-18
Author
Nurlinah, Nurlinah
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Nurlinah, “Peningkatan kemampuan mengenal huruf dengan metode bermain kartu bergambar di Kelompok Bermain Happy Mangkupalas Samarinda Seberang tahun pembelajaran 2016/2017,” Skripsi ProgramStudi Pendidikan islam anak usia dini fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan IAIN Samarinda. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal/Kelompok Bermain yang pada umumnya masih bersifat monoton. Begitu pula pada materi pembelajaran tentang pengenalan huruf, penyampaian materi yang selama ini dilakukan oleh pendidik/guru biasanya hanya dilaksanakan dengan metode ceramah atau bercakap-cakap saja sehingga anak dalam menerima materi minat anak masih sangat kurang. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengenal huruf dengan metode bermain kartu bergambar, Metode penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan yaitu metode bermain kartu bergambar dengan berbagai kegiatan diantaranya menebalkan gambar dan huruf, kolase, serta menempel gambar dan huruf dengan subyek penelitian anak Kelompok Bermain. Tehnik dalam pengumpulan data berupa observasi. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada anak kelompok bermain Happy menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui metode bermain kartu bergambar pada siklus 1 dan siklus 2 terjadi peningkatan, dengan rata-rata persentase penilaian 45% pada pertemuan 1 siklus 1, dan 55% pada pertemuan kedua siklus ke 2, sedangkan pada siklus 2 pertemuan pertama mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase 65%, pada pertemuan kedua siklus 2 rata-rata persentase 85%, ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui metode bermain kartu bergambar mengalami peningkatan secara signifikan.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3442
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [273]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV