dc.description.abstract | ABSTRAK
Muhammad Yusuf 2023. “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Baca Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Angkatan 2019 UINSI Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag dan Muhammad Khairul Rijal, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena literasi digital merupakan wadah sumber-sumber informasi yang menyediakan bahan untuk membuat karya tulis dan bahan bacaan untuk menambah wawasan, literasi digital juga sangat mudah digunakan karena ditunjang melalui perangkat teknologi dan bisa diakses melalui media digital yang sekarang ini dikalangan mahasiswa sudah menggunakan perangkat seperti laptop dan handphone. Namun pada saat pengamatan yang dilakukan oleh peneliti pada mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Angkatan 2019 mereka hanya akan melakukan kegiatan membaca pada saat melakukan tugas makalah dan presentasi berlangsung sehingga hal tersebut membuat banyak mahasiswa tidak meningkatkan literasi mereka. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Baca Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Angkatan 2019 Di UINSI Samarinda.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif ex post facto. Sampel dalam penelitian ini yaitu dimana penelitian mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel, yaitu sebanyak 105 mahasiswa yang menjadi objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Instrumen angket digunakan untuk memperoleh data dari setiap variabel, instrumen dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan dan menguatkan data penelitian.
Hasil dari pengumpulan data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier sederhana, korelasi Product Moment, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah literasi digital berpengaruh terhadap minat baca mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Angkatan 2019 Di UINSI Samarinda. Hal ini dibuktikan dengan uji hasil regresi linier dan korelasi product moment sebesar 0,806, yang berdasarkan tabel interpretasi nilai r menunjukkan angka tersebut berada pada skala antara 0,700 – 0,900 yang berarti korelasi antara literasi digital terhadap minat baca mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Angkatan 2019 samarinda tergolong kuat. Adapun dari hasil uji t dengan taraf signifikansi 0,05, didapatkan hasil sig. 2(tailed) 0,000, yang hasilnya < 0,05. Sehingga demikian variabel X (literasi digital) berpengaruh terhadap variabel Y (minat baca), dapat juga dilihat dari hasil thitung > ttabel yaitu 13.802 > 1.659 yang artinya variabel X (literasi digital) berpengaruh terhadap variabel Y (minat baca). Nilai R Square (koefisien determinasi) menunjukan 0,649, dalam nilai interpretasi berada pada skala 0,400 – 0,700, yang artinya pengaruh antara literasi digital pada minat baca terdapat pengaruh yang cukup. Selanjutnya untuk perhitungan koefisien determinasi maka literasi digital memiliki pengaruh terhadap minat baca mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam sebesar 64,9%. | en_US |