Manajemen Madrasah Aliyah Program khusus Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
MUHAMMAD IQBAL RAMADHANI, 2023. “Manajemen Madrasah Aliyah Program khusus Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda”. Skripsi, Manajemen Pendidikan Islam(MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Ananiah, M. M.Pd selaku dosen pembimbing I dan bapak Muhammad Khairul Rizal, M.Pd selaku dosen Pembimbing II.
Program khusus keagamaan disebut juga MAPK merupakan program baru yang diterapkan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Program ini merupakan program satu-satunya yang ada di samarinda. Program khusus keagamaan adalah program khusus yang baru terselenggara pada 5 tahun terakhir khususnya di Kalimantan Timur yang mana sekolah yang mendapat perubahan ini ada pada kota Samarinda tepatnya Madrasah Aliayah Negeri 2 Samarinda, yang dimana program ini bertujuan untuk menghasilkan output yang memiliki kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai keagamaan, hal ini membuat program ini menjadi salah satu program yang hampir serupa terjadi pada pondok pesantren namun penempatannya berada pada madrasah aliyah, dengan kata lain program ini muncul untuk membuat ataupun menciptkaan individu yang memiliki kecerdasan baik secara berbangsa maupun beragama. Adapun tujuan penelitian ini Untuk Mengetahui Perencanaan Program Khusus Keagamaan Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Untuk Mengetahui Pengorganisasian Program Khusus Keagamaan Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Untuk Mengetahui Pelaksanaan Manajemen Program Khusus Keagamaan Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Untuk Mengetahui Evaluasi Manajemen Program Khusus Keagamaan Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Milles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menujukan bahwa manajemen program keagamaan yang ada di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda sudah berjalan dengan baik dan tepat sasaran mulai dari perencanaan yang tertata dengan baik dan terstruktur kemudian pengorganisasiannya yang tepat menempatkan tenaga pendidik pada tugasnya sehingga pada pelaksanaannya juga dapat dikatakan terlaksana dengan tepat dan teratur sesuai dengan apa yang direncanakan, kemudian di evaluasi dengan kepala madrasah bekerja sama dengan ketua program keagamaan yang nantinya akan diselesaikan bersama. Faktor pendukung adalah tenaga pendidik yang linier dan kompeten dan fasilitas yang memadai sedangkan faktor penghambat ialah dari siswa itu sendiri karena tidak dengan mudah memahami pelajaran yang kebayakan menggunakan pengantar berbahasa arab.