Show simple item record

dc.contributor.authorAstrilah, Amalia Dian
dc.date.accessioned2023-10-13T02:30:04Z
dc.date.available2023-10-13T02:30:04Z
dc.date.issued2023-04-26
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3466
dc.description.abstractABSTRAK Amalia Dian Astrilah, 2023, “Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Kepribadian Siswa di Sekolah Dasar Negeri 006 Samarinda”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Gianto, S.Pd., M.Pd.I dan Maulida Ulfa Hidayah, M.Pd Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin maju khususnya dalam bidang media sosial yaitu TikTok. Di SDN 006 Samarinda, siswa sangat menyukai aplikasi TikTok karena berbagai macam konten video yang tersedia. Namun, banyak siswa yang lupa waktu untuk mengerjakan tugas dan ibadah karena terlalu asyik bermain TikTok, dan orang tua serta guru terlihat tidak mempermasalahkan hal ini. Selain itu, banyak siswa yang membicarakan tren TikTok seperti drama POV (Point Of View), berita viral, dan ASMR (Autonomus Sensory Meridian Response) di sekolah dan bahkan berkumpul untuk membicarakan hal tersebut setelah pulang sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Media Sosial TikTok terhadap Kepribadian siswa di kels V SDN 006 Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 89 siswa dengan sampel berjumlah 89 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji korelasi pearson, uji koefisien determinasi, dan uji statistik T. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu media sosial TikTok cukup mempengaruhi pembentukan kepribadian siswa. Hal ini ditunjukkan dalam hasil uji statistik yaitu sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 5,684 > ttabel 1,991 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan media social TikTok terhadap kepribadian siswa dari segi kepribadian introvert dan ekstrovert. Tetapi tidak sepenuhnya media sosial TikTok mempengaruhi pembentukan kepribadian siswa, banyak faktor yang membentuk kepribadian yaitu pendidikan di dalam keluarga, pengaruh lingkungan, pengaruh dari biologis, dan pengaruh budaya.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMedia Sosial, TikTok, Kepribadian Siswaen_US
dc.titlePengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Kepribadian Siswa di Sekolah Dasar Negeri 006 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record