dc.description.abstract | ABSTRAK
Muhammad Fathurrahman, 2023, Pengaruh Sarana Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK TI Labbaika Samarinda. Skripsi Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Ananiah, M.M.Pd sebagai dosen pembimbing I dan Ibu Siti Nasiah, M.Pd sebagai dosen pembimbing II.
Latar belakang pada penelitian ini bahwa fasilitas SMK TI Labbaika Samarinda dinilai sudah lengkap dan memadai dalam fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar. Akan tetapi apakah fasilitas atau sarana tersebut dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar. Dengan adanya fasilitas atau sarana pembelajaran yang disediakan disekolah itu lengkap, maka antusias pembelajaran siswa harapannya meningkat. Namun pemanfaatan pada fasilitas yang disediakan disekolah, tidak semua guru menggunakan sarana yang ada di sekolah, misalnya penggunaan LCD. Dari semua guru, sebagian ada yang jarang menggunakan LCD karena masih memakai metode yang lama dan peneliti mendapati salah satu dikelas X, LCD nya tidak berfungsi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sarana Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK TI Labbaika Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi pada penelitian ini sebesar 174 siswa SMK TI Labbaika Samarinda dikelas X. Teknik sampling menggunakan metode Purposive sampling dengan pertimbangan dari segi fasilitas belajar berfungsi dengan baik, kondisi ruang kelas bersih dan rapi, dan guru di SMK TI Labbaika Samarinda aktif pada pembelajaran sehingga sampel yang diperoleh dikelas X di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Pengumpulan data meliputi observasi, angket, serta dokumentasi. Uji instrumen yang dipergunakan ialah uji validitas dan uji realiabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Uji prasyarat yang digunakan yakni uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang dipergunakan yaitu regresi linear sederhana, korelasi pearson, dan koefesien determinan.
Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pada variabel sarana pembelajaran terhadap motivasi belajar. Dalam hasil uji hipotesis adalah hasil persamaan regresi yaitu =29,990+0,511X berarti setiap 1% kenaikan nilai sarana pembelajaran, sehingga nilai motivasi belajar naik sebesar 0,511 dapat dikatakan bahwa variabel X (sarana pembelajaran) dan variabel Y (motivasi belajar) berpengaruh positif. Sedangkan hasil korelasi pearson yaitu sarana pembelajaran mempunyai hubungan yang signifikan terhadap motivasi belajar dengan batas interval 0,40–0,599 yaitu r sebesar 0,545 yang memiliki arti sedang. Selanjutnya hasil koefesien determinan bahwa besaran pengaruh sarana pembelajaran terhadap motivasi belajar sebesar 29,7%. Sedangkan sisanya adalah 100%29,7%= 70,3% dipengaruhi oleh faktor lain. | en_US |