Efektivitas Penggunaan Media Boneka Tangan dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III MI Al Huda Muara Jawa
Abstract
ABSTRAK
Agustin Nur Hasanah 2022. “Efektivitas Penggunaan Media Boneka Tangan dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III MI Al Huda Muara Jawa”. Skripsi’ Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan’ Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad ‘Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Juhairiah, M.Pd selaku pembi’mbing I dan SitiNasiah, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi kurang optimalnya keterampilan berbicara siswa yang disebabkan oleh kurangnya media yang menarik dan berupaya untuk mengasah keterampilan berbicara pada siswa. Akibatnya masih banyak siswayang sulit mengutarakan pendapat dengan kalimat sederhana, serta pembendaharaan kata yang terbatas. Oleh karena itu, media boneka tangan dirasa sangat cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran guna melatih dan meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan media boneka tangan dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif desain eksperimen. Populasi penelitian seluruh kelas III yang berjumlah 3 kelas yang terdiri dari 67 siswa dengan mengambil sampel kelas III C yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t sampel berpasangan yang diselesaikan dengan bantuan aplikasi SPSS 22.0 for windows.
Berdasarkan uraian hasil penelitian dan pembahasan data penelitian yang diperoleh, penggunaan media boneka tangan sangat digemari oleh siswa kelas III C dilihat dari siswa yang sangat berantusias saat menggunakannya dan terbukti keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 82,64, hasil keterampilan berbicara setiap siswa yaitu 6 dengan predikat A (Sangat Baik), 5 dengan predikat B (Baik), 4 dengan predikat C (Cukup) dan 7 dengan predikat D (Kurang). Hasil observasi pembelajaran pada saat menggunakan media boneka tangan yaitu lafal dengan skor 2,90 dengan predikat sangat baik, intonasi skor 2,81 dengan predikat sangat baik, pilihan kata skor 2,36 dengan predikat cukup, kelancaran skor 2,31 dengan predikat cukup, dan sikap skor 1,86 dengan predikat kurang. diperoleh juga data signifikansi sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat ditarikkesimpulan penggunaan media boneka tangan efektif berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan bericara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III.