Show simple item record

dc.contributor.authorSapitri, Nadia
dc.date.accessioned2023-10-18T01:55:11Z
dc.date.available2023-10-18T01:55:11Z
dc.date.issued2023-01-11
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3500
dc.description.abstractABSTRAK Nadia Sapitri. 2022. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V Di MI Ash-Shobirin Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Marniati Kadir, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Rabiatul Adawiyah, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA masih tergolong rendah terlihat dari hasil nilai harian siswa. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi seperti menggunakan metode ceramah tanpa dikombinasi dengan media pembelajaran dan tidak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, yang mengakibatkan siswa kurang aktif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas V di MI Ash-Shobirin Samarinda. Penelitian ini menggunakan penelitian kuasi eksperimen yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol, dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 39 siswa yang ada di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ash-Shobirin samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan perhitungan N-Gain, uji prasyarat, dan dilanjut dengan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis penelitiain dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media gambar efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi system pernapasan manusia pada siswa kelas V di MI Ash-Shobirin Samarinda. Hal ini ditunjukkan pada perhitungan uji hipotesis menggunakan uji Independen Sample T-test, yang mana nilai sig. (2-tailed) diperoleh nilai 0,002 yang lebih kecil dari 0,05, maka data disimpulkan Ha diterima.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectEfektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Media Gambar, Sistem Pernapasan Manusiaen_US
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V Di MI Ash-Shobirin Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record