dc.description.abstract | ABSTRAK
Hasbillah Luthfi Annur 2023. “Implementasi Manajemen POAC pada Program Tahifidz al-Qur’an di Pesantren al-Hidayah Tenggarong.” Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Uneversitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Peneliti ini di bimbing oleh Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd dan Dr. Ahmad Muaddin, M. Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi karena Al-Qur’an merupakan wahyu ilahi yang harus disampaikan, diajarkan, dipahami dan diamalkan dalam kehidupan nyata. Seiring berjalannya waktu, upaya-upaya untuk menjaga kelestarian alQur’an masih tetap dilakukan. Salah satunya adalah dengan adanya program tahfidz al-Qur’an di Pesantren al-Hidayah Tenggarong yang mengedepankan alQur’an sebagai visi misi untuk mencapai generasi Qur’ani dengan adanya Program tahfidz Al-Qur’an adalah program yang membentuk keterampilan, pengetahuan, dan sikap secara maksimal dalam menghafal Al-Qur’an. Al-Qur’an sangat membentuk karakter siswa/santri karena al-Qur’an adalah pedoman kehidupan bagi umat Islam, sumber dalam kehidupan seorang terdapat pada Qur’an, pedoman yang harus kita amalkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Implementasi program tahfidz al-Qur’an di pesantren al-Hidayah Tenggarong, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada program tahifdz al-Hidayah Tenggarong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh tersebut peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data, kondensasi dan penarikan kesimpulan, yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan apa adanya hasil temuan dilapangan terkait Implementasi program tahfidz al-Qur’an di pesantren al-Hidayah Tenggarong, factor penghambat serta solusi dari kesulitan dan hambatan bagi siswa pada program tahfidz di pesantren al-Hidayah Tenggarong.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi program tahfidz alQur’an di Pesantren al-Hidayah Tenggarong telah melalui beberapa tahap: Pertama, analisis kebutuhan yang meliputi: 1). Tujuan program, 2). Metode pengajaran, dan 3). Sumber belajar. Kedua, perencanaan pada program tahfidz alQur’an di pesantren al-Hidayah Tenggarong telah dilakukan untuk berjalan dengan lancar seperti menentukan visi misi, menentukan struktur kepengurusan, struktur program, menyiapkan kurikulum pembelajaran, menyeleksi siswa. Ketiga, pengorganisasian yang meliputi: Struktur pengurus, struktur program dan kurikulum. Keempat, pelaksanaannya juga telah terlaksana dengan baik, seperti sholat wajib dan sunah, kegiatan pembelajaran tahsin, setoran hafalan sesuai dengan jadwalnya, kegiatan muraja’ah dengan rutin, pembinaan dan kedisiplinan yang baik, pengawasan. Kelima, evaluasi yang terbagi menjadi evaluasi harian, evaluasi mingguan, evaluasi perjenjang lima juz.. Sedangkan hasil dari factor pendukung berupa niat yang kuat serta dukungan,doa dan faktor penghambat berupa rasa jenuh, malas, dan kurangnya motivasi | en_US |