Show simple item record

dc.contributor.authorRizkiannor, Rizki
dc.date.accessioned2023-10-20T01:56:33Z
dc.date.available2023-10-20T01:56:33Z
dc.date.issued2023-01-06
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3519
dc.description.abstractABSTRAK Rizki Rizkiannor, 2022. „„Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Pada BAZNAS Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan”. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Darmawati, M.Hum selaku pembimbing I dan Ibu Nurul Fadhilah, S.S.T., M.E selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya dana ZIS yang didapatkan oleh BAZNAS Kabupaten Hulu Sungai Utara dari tahun 2016-2020, oleh sebab itu peneliti tertarik untuk meneliti strategi pemasaran yang diterapkan oleh BAZNAS Kabupaten Hulu Sungai Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh BAZNAS Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari strategi pemasaran yang diterapkan oleh BAZNAS Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan & verifikasi data. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan teknik tringulasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan yaitu, bauran pemasaran (product, place, people, promotion, process and physical evidence). Product berupa jasa pelayanan pembayaran zakat, infak dan sedekah serta pemberian bantuan kepada mustahik melalui program HSU Cerdas, HSU Makmur, HSU Sehat, HSU Peduli dan HSU Taqwa. Place berada di tempat yang strategis. Sementara BAZNAS mendapatkan dana zakat, maka muzakki mendapatkan kepuasan karena telah terbantu dalam penyaluran dana zakat mereka. People (amil) yang bekerja merupakan orang-orang yang memiliki kualifikasi di bidangnya. Promotian mempergunakan baliho, spanduk, media sosial dan mengerahkan relawan. Process penerimaan zakat adalah dengan cara muzakki langsung mendatangi kantor, transfer dan jemput zakat. Physical evidence dengan cara penataan area kantor yang rapi dan selalu menjaga kebersihan. Faktor pendukungnya yaitu fasilitas kantor yang cukup lengkap dan kerjasama antar staff yang solid. Sedangkan untuk faktor penghambat, ada dua yang dialami yang terdiri dari faktor penghambat internal dan faktor penghambat eksternal. Untuk faktor penghambat internal, yaitu kekurangan SDM di bidang IT dan publikasi. Sedangkan faktor penghambat eksternal, yaitu masih kuatnya kebiasaan masyarakat yang masih menyalurkan zakatnya ke tokoh ulama dan kepada keluarga. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, BAZNASen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi Pemasaran, BAZNASen_US
dc.titleAnalisis Penerapan Strategi Pemasaran Pada BAZNAS Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record