Pengaruh Experience Marketing Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Shopee Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Hidayat, 2022. “Pengaruh Experience Marketing Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Shopee Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Skripsi Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi danBisnis Islam Universitas Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Darmawati, M. Hum selaku pembimbing I dan Bapak H. Yusran, M. Ag selaku pembimbing II. Latar belakang dalam penelitian ini yaitu kemajuan teknologi saat ini dapat membantu memudahkan kebanyakan orang dalam melakukan aktivitas sehari-hari dari bangun tidur hingga tidur kembali.Salah satu kemajuan teknologi saat ini yaitu banyaknya marketplace yang bermunculan dan bersaing dalam memikat minat beli konsumen untuk memenuhi kebutuhan melalui e-commerce. Shopee merupakan salah satu marketplace dengan pengunjung ataupun konsumen yang terus bertambah dan berkembang di Indonesia. Sebagai salah satu aplikasi mobile yang memiliki rating atau kualitas tinggi yang ada di Indonesia. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah experience marketing dan kemudahan penggunaan aplikasi shopee dapat mempengarui minat beli ulang konsumen dan bagaiman Ekonomi Islam memandangnya.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan populasi mahasiswa UINSI Samarinda angkatan 2019-2022 yang berjumlah 4.580. Dalam pengambilan sampel dari jumlah populasi yang ada, peneliti menggunakan rumus slovin dan menghasilkan sampel sebanyak 98 orang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi berganda, uji koefisien determinasi, uji f, dan uji t.
Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan antara experience marketing terhadap keinginan beli ulang konsumen muslim Shopee. Semakin baik experience marketing oleh konsumen maka semakin tinggi pula kemungkinan konsumen untuk melakukan pembelian ulang, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemudahan penggunaan terhadap keinginan beli ulang konsumen muslim Shopee. Semakin konsumen merasa termudahkan dengan Shopee maka semakin tinggi pula konsumen untuk melakukan pembelian ulang, secara simultan experience marketing dan kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen muslim Shopee.
Kata Kunci: Experience Marketing, Kemudahan Penggunaan dan Minat Beli Ulang