Show simple item record

dc.contributor.authorNor, Abd. Gani
dc.date.accessioned2023-10-24T03:52:27Z
dc.date.available2023-10-24T03:52:27Z
dc.date.issued2023-04-18
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3534
dc.description.abstractABSTRAK Abd. Gani Nor, 2023 “Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd selaku pembimbing I dan Misbahul Fuad, M.Pd.I selaku pembimbing II. Latar belakang dari penelitian ini adalah pendidikan yang bermutu di sekolah harus dipenuhi sebagai pengalaman belajar dan perkembangan peserta didik, baik pendidikan akademik maupun non akademik. ekstrakurikuler adalah kegiatan untuk membina siswa dalam mengembangkan potensi dan bakat peserta didik sesuai dengan minatnya. Mewujudkan kegiatan ekstrakurikuler yang bermutu diperlukan seorang kepala sekolah yang mampu menjadi manajemen sehingga dapat mengelola seluruh sumber daya sekolah agar dapat terlaksana, untuk mendukung tercapainya tujuan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Lokasi penelitian adalah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda dengan narasumber yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan pembina ekstrakurikuler. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda telah terlaksana sesuai fungsi manajemen. Perencanaan dilakukan di awal tahun ajaran dengan melihat kebutuhan siswa sehingga direncanakan kegiatan ekstrakurikuler dengan menentukan pengelola program. Pengorganisasian, kepala sekolah bersama wakil kepala sekolah bidang kesiswaan memberikan tanggung jawab kepada pembina yang memiliki kompetensi dibidang ekstrakurikuler tertentu dan memberikan siswa kesempatan untuk memilih kegiatan yang ingin mereka ikuti agar sesuai dengan bakat dan minat siswa tersebut. Pelaksanaan, ekstrakurikuler dilaksanakan pada jam-jam dan hari tertentu setelah mereka melakukan kegiatan pembelajaran didalam kelas. Pengawasan, kepala sekolah melakukan pengawasan dalam bentuk langsung yaitu dengan melihat secara langsung kegiatan ekstrakurikuler yang sedang berjalan dan pengawasan dalam bentuk tidak langsung yaitu melakukan pengawasan disetiap akhir semester dengan memanggil pembina untuk meminta laporan dan memberikan arahan. Faktor pendukung dalam meningkatkan mutu kegiatan ekstrakurikuler dengan terus meningkatkan program kegiatan ekstrakurikuler, faktor penghambat yaitu belum lengkapnya sarana penunjang ekstrakurikuler dan kurangnya sebagian minat peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectManajemen Kepala Sekolah, Mutu Kegiatan Ekstrakurikuleren_US
dc.titleManajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record