Pengaruh Pelaksanaan Full Day School Terhadap Interaksi Sosial Anak di Lingkungan Sekolah pada Siswa Kelas V SD Islamic Center Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Ayu Julyarthini, 2021. “Pengaruh Pelaksanaan Full Day School Terhadap Interaksi Sosial Anak di Lingkungan Sekolah pada Siswa Kelas V SD Islamic Center Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Muchamad Eka Mahmud, M.Ag selaku pembimbing I dan Ibu Juhairiah, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini di latar belakangi oleh pelaksanaan full day school terhadap interaksi sosial anak di lingkungan sekolah yang sangat menyenangkan bagi semua siswa maupun guru yang mengajar dan dilihat dari kondisi di lapangan, walaupu mereka belajar sehari penih di sekolah mereka tetap apat berinteraksi dengan baik dengan guru, staf dan teman-teman di lingkungan sekolah. karena proses pembelajaran yang diterapkan cukup menyenangkan dan tidak membosankan sehingga para siswa dapat berinteraksi dengan baik di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat pengaruh pelaksanaan full day school terdapat interaksi sosial anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas V SD Islamic Center Samarinda yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini peneliti mengambil sebanyak 65 peserta didik di kelas V yaitu kelas V KH. Abdul Sani Karim, V KH Ali Ahmad dan V KH Djuhaifah Thalibsebagai objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji T dan koefiensi determinan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh dalam pelaksanaan Full Day School (X) terhadap interaksi sosial (Y) anak, dari hasil uji korelasi yang diperoleh sebesar 0,105, dan taraf signifikasi sebesar 0,208 > 0,05. Demikian pengujian Ho diterima dan Ha ditolak, dan dalam perhitungan koefiensi determinasi diperoleh nilai pengaruh pelaksanaan full day school terhadap interaksi sosial sebesar (1.10) 2%, sedangkan sisanya 100% - 1% = 99% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian. Oleh karena itu, dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat pengaruh dalam pelaksanaan full day school terhadap interaksi sosial anak di lingkunagn sekolah sangant rendah