Manajemen Perkantoran Bidang Pendidikan Madrasah Di Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur
Abstract
ABSTRAK
Agustian Saputra, 2023. “Manajemen Perkantoran Bidang Pendidikan Madrasah Di Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd dan Mujahidah, S.Ag, S.Psi, M.Si.
Manajemen perkantoran pada Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur khususnya pada Bidang Pendididikan Madrasah pada program Emis-PIP dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Hal ini terlihat pada proses pelaksanaan program tersebut yang mengalami beberapa kendala sehingga program tidak berjalan dengan baik. Maka dari itu perlunya manajemen perkantoran yang baikagar dapat mempermudah dan meningkatkan proses program Emis-PIP dan KSM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen perkantoran pada Bidang Pendidikan Madrasah di Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur dan untuk mengetahui faktor penghambat dalam manajemen perkantoran khususnya pada program Emis-PIP dan KSM guna mencapai tujuan manajemen perkantoran pada Bidang Pendidikan Madrasah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Bidang, Kepala Seksi, dan Staff. Teknik pengumpulan data dengan wawancara via offline, observasi sesuai protokol kesehatan. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan perencanaan tercapainya tujuan dilaksanakan sebelum melakukan program kerja, kegiatan perkantoran dan pengorganisasian dilakukan oleh sumber daya manusia di dalam kantor itu sendiri. Pelaksanaan dan pemeliharaan manajemen perkantoran dijalankan untuk memenuhi program-program yang telah terencana untuk memberikan dampak pada masa depan peserta didik yang ikut terlibat didalamnya. Kemenag kaltim bidang pendidikan madrasah melakukan manajemen pekantoran dan menerapkannya dengan pengarahan serta motivasi sumber daya dalam kantor. Usaha dalam melakukan program kerja dalam perkantoran dilakukan dengan pengawasan agar tidak ada sebuah kekeliruan dalam melakukan sebuah pekerjaan kantor baik administrasi maupun EMIS-PIP dan KSM.