dc.description.abstract | ABSTRAK
Muhammad Alpian Noor, 2023 “Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Samarinda. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, Penelitian ini dibimbing oleh ibu Dr. Siti Julaiha, S.Ag, M.Pd selaku pembimbing I dan bapak Dr. H. Akhmad Ramli, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa setiap sekolah memiliki sarana dan prasarana, baik itu memadai ataupun tidak memadai dalam proses penunjang pembelajaran. Sarana dan prasarana tersebut perlu dilakukan pemeliharaan untuk kepentingan proses pembelajaran. Pemeliharaan ini dimaksudkan agar dalam masa penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran memiliki masa pakai yang cukup lama dan bisa berjalan secara efektif dan efesien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, kepala tata usaha, kepala laboratorium, dan kepala perpustakaan serta dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan analisis deskriptif sebagai penyajian datanya.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa a) Perencanaan pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran telah mengikuti prosedur yaitu dengan tahap awal melakukan perencanaan analisis kebutuhan terlebih dahulu terkait pemeliharaan sarana dan prasarana pada kegiatan rapat awal tahun ajaran baru dengan melibatkan semua unsur sumber daya manusia yang ada disekolah. b) Pelaksanaan pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah sudah terlaksana dengan melakukan pemeliharaan secara rutin, berkala, darurat, dan preventif. Namun, perlu ditingkatkan lagi dalam hal proses pembuatan jadwal daftar pemeliharaan serta dalam proses analisis kebutuhan sesuai dengan siklus waktu yang membutuhkan perawatan khusus. Teknik pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran sekolah sudah dilaksanakan serta pemeliharaan tersusun didalam rencana program kerja yang disusun oleh tim sarana dan prasarana. Pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah seperti gedung, lapangan, ruang kelas, perpustakaan, dan laboratorium dengan selalu menjaga dan mampu memilki rasa tanggung jawab yang besar terhadap kebersihan ruangan dan keamanan prabotan yang ada didalam ruangan tersebut dapat berfungsi secara maksimal dalam penggunaannya sebagai media pembelajaran. Pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran menggunakan sumber daya manusia yang ada dan siswa dilibatkan dalam kegiatan perawatan serta sudah tersusun jadwal dalam pelaksanaannya, akan tetapi selalu ditingkatkan lagi dalam proses pembuatan daftar agar dapat maksimal dan tersalurkan secara tepat terhadap sarana dan prasarana yang mebutuhkan perawatan khusus agar dapat digunakan semestinya. | en_US |