Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Slow Learner di SMP Negeri 7 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Yanto 2023. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Slow Learner di SMP Negeri 7 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Wahdatun Nisa, M.A. selaku pembimbing I dan Dr.Hj. Titi Kadi, M.Pd.I. selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa berkebutuhan khusus di sekolah umum (pendidikan inklusi) yang dalam mengikuti proses pembelajarannya. mereka pasti mengalami kesulitan-kesulitan yang lebih dari siswa normal lainnya. Sehingga dengan adanya kesulitan tersebut, seorang guru khususnya guru PAI lebih ekstra untuk memilah dan memilih penggunaan strategi pembelajaran yang cocok dan tepat untuk siswa berkebutuhan khusus yang berkatagori lamban belajar (slow learner). Siswa lamban belajar (slow learner) ini memiliki kemampuan intelektual yang lebih rendah dibandingkan siswa normal lainnya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang Strategi Guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa lamban belajar (slow learner), apa faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa lamban belajar (slow learner), serta bagaimana solusi yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi faktor penghambat tersebut. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa lamban belajar (slow learner), untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa lamban belajar (slow learner), serta untuk mengetahui solusi yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi faktor penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa slow learner di SMP Negeri 7 Samarinda.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Samarinda dengan memakai jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru PAI, guru BK dan pembimbing khusus, serta siswa lamban belajar (slow learner). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian ditelaah keabsahan datanya dengan pengecekan kredibilitas. Kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru PAI di SMP Negeri 7 Samarinda untuk mengatasi kesulitan belajar siswa lamban belajar (slow learner) adalah metode pendekatan sistem individu, dimana guru menghampiri siswa lamban belajar di meja siswa tersebut, kemudian dengan memakai berbagai teknik pembelajaran, termasuk ceramah, permainan (games), tanya jawab, dan pemberian tugas. Adapun yang menjadi faktor pendukung yaitu media yang bisa dipakai untuk proses belajar mengajar, seperti proyektor dan masjid untuk kegiatan praktek-praktek keagamaan seperti materi sholat, zakat dan lain sebagainya. kemudian adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak adanya memakai kurikulum khusus untuk siswa berkebutuhan tersebut. kemudian suasana hati siswa yang turun naik dan perbedaan tingkat kemampuan pemahaman siswa lamban belajar (slow learner). Adapun solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan meningkatkan dan memperbanyak metode pembelajaran, memperbanyak literasi tentang menghadapi siswa lamban belajar (slow learner) dan menjaga komunikasi dengan orang tua siswa.