Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Karyawisata Pada Pelajran IPS Kelas IV MI AL-Adawiyah Loa Kulu
Abstract
ABSTRAK
Aldi Mahendra, 2023, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Karyawisata Pada Pelajran IPS Kelas IV MI AL-Adawiyah Loa Kulu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Sunanik, M.Pd.I dan Ahmad Maulana Sayafi’i, M.Si.
Latar Belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti siswa kurang tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan guru, siswa cenderung bermain-main dan kurang fokus dalam pembelajaran dan penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat. Dari 28 siswa terdapat 23 siswa yang mendapat nilia dibawah KKM yaitu 70 dengan prosentase 82%, adapun siswa yang mendapat nilai diatas KKM yaitu 5 siswa dengan prosentase 18%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui metode Karyawisata di Kelas IV MI AL-Adawiyah Loa Kulu.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan metode karyawisata yaitu mengajak siswa mengamati secara langsung objek yang sedang dipelajari, sehingga siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data tes dianalisis dengan menggunakan nilai mean (rata-rata) dan penilaian ketuntasan belajar dianalisis dengan menggunakan prosentase ketuntasan belajar.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI AL-Adawiyah Loa Kulu, hal ini dapat dibuktikan dari nilai awal dengan rata-rata nilai siswa 65 dengan prosentase ketuntasan (18%). Setelah dilakukan tindakan pembelajaran pada siklus I melalui metode Karyawisata mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa 70,78 dengan prosentase ketuntasan (46,42%), hal ini mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 28.42%, namun hal tersebut belum memenuhi ketuntasan keseluruhan, maka peneliti melakukan tindakan pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II setelah dilakukan tindakan diperoleh nilai ratarata 83,75 dengan prosentase ketuntasan (96,43%). Hal ini membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dari nilai siklus I ke siklus II. Simpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada pokok bahasan pengelolaan pasar modern dan pasar tradisional melalui metode Karyawisata mengalami peningkatan sebesar 50,01% dengan nilai ≥ 70.