Manajemen Kesiswaan Dalam Kedisiplinan Siswa di Madrasah Aliyah An-Nur samarinda
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Faisal, 2023. “Manajemen Kesiswaan Dalam Kedisiplinan Siswa di Madrasah Aliyah An-Nur samarinda”. Skripsi Manajemen Pendidikan Islam Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Wahdatunnisa, MA selaku dosen Pembimbing I dan bapak Dr. Achmad Ruslan Afendi, M.Ag selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Permasalahan kedisiplinan siswa di madrasah seringkali mencakup kurangnya keteraturan dan kepatuhan terhadap peraturan madrasah, seperti kehadiran siswa yang tidak tepat waktu, keterlambatan memasuki kelas, atau siswa yang tidak mematuhi peraturan pakaian madrasah. Salah satu upaya yang dilakukan Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda yaitu membuat program Siswa Penggerak Disiplin (SPD). Adapun bentuk dari program ini yaitu apel pagi setiap hari atau baris pagi di depan kelas dengan membacakan janji siswa dan juga salah satu bentuk dari program ini yaitu kegiatan Tadribul Khithobah (ceramah) yang dilaksanakan setiap hari sabtu setelah shalat dzuhur.Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui manajemen kesiswaan dalam kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda dan Untuk mengetahui kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda.
Metode penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian yang peneliti gunakan ialah penelitian lapangan (Field Research) Sumber data penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka kesiswaan, guru dan siswa Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda mencakup ketaatan, kesetiaan, dan ketertiban siswa. Hal itu dapat dilihat dari perilaku siswa yang menghargai peraturan madrasah serta mampu mengaplikasikan penghargaannya melalui perbuatan dan tindakannya. 2. Manajemen kesiswaan di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda terdiri dari kegiatan perencanaan kesiswaan, pelaksanaan kesiswaan dan evaluasi kesiswaan. Kegiatan perencanaan kesiswaan dilakukan untuk menentukan jumlah siswa yang akan diterima, langkah-langkah dalam merekrut siswa baru serta menentukan system penerimaan siswa baru. Kegiatan pelaksanaan kesiswaan dengan memberikan orientasi kepada siswa baru, pengelompokkan siswa (pembagian kelas), pembinaa siswa dengam dilakukan melalui pemberian layanan-layanan khusus yang menunjang manajemen kesiswaan dan melakukan pembinaan terhadap kegiatan ekstrakurikuler siswa. Kegiatan evaluasi dengan malakukan kegiatan evaluasi kesiswaan.