Manajemen Strategik Kepala Madrasah di Mts. Labbaika Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Retno Tri Wahyuni, 2023. “Manajemen Strategik Kepala Madrasah di Mts. Labbaika Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Zamroni, M.Pd sebagai pembimbing I dan Amalia Nur Aini, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang dari penelitian ini adalah pendidikan menjadi salah satu upaya masyarakat dalam meningkatkan nilai sumber daya manusia guna mencapai tingkat kehidupan yang maju. Namun hal tesebut harus melalui sebuah system pendidikan yang baik. Sistem pendidikan dalam sebuah negara harus diperhatikan dengan serius dan pemikiran yang matang, karena pendidikan memegang peran penting dalam pembangunan suatu negara. Hal itu mengakibatkan adanya usaha yang dilakukan secara terus menerus dalam meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas dan utama adalah pendidikan yang dilaksanakan di sekolah/madrasah karena madrasah merupakan organisasi social yang berwenang dalam menyelenggarakan pendidikan formal. Keberhasilan suatu lembaga tidak luput dari peran kepala madrasah, karena bagaimanapun kepala madrasah merupakan unsur penting dalam sebuah lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen strategik kepala madrasah mulai dari : 1. Analisis Lingkungan, 2. Pembuatan Visi dan Misi, 3. Pengimplementasian Visi dan Misi, dan 4. Evaluasi Visi dan Misi di MTs. Labbaika Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala madrasah, waka. Humas, dan guru. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentsi, dan observasi. Teknis analisis data ditempuh dengan deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan bahwa manajemen strategik kepala madrasah meliputi: 1. Analisis lingkungan, 2. Pembuatan visi dan misi, 3. Pengimplementasian visi dan misi, 4. Evaluasi visi dan misi. Analisis lingkuan dilakukan karena madrasah harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari lingkungan internal maupun eksternal. Pembuatan visi dan misi dilakukan secara musyawarah oleh madrasah. Visi dan misi yang telah dibuat kemudian dilaksanakan dan dilakukan evaluasi setiap tahunnya.
Kata Kunci; Manajemen, Staregik, Kepala Madrasah