Show simple item record

dc.contributor.authorMarsinah, Marsinah
dc.date.accessioned2023-11-08T02:16:02Z
dc.date.available2023-11-08T02:16:02Z
dc.date.issued2022-12-21
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3604
dc.description.abstractABSTRAK Marsinah, 2023. “Inovasi Kurikulum di SMK Bhakti Loa Janan”.,Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penulisan Skripsi di bimbing oleh Dr. Siti Julaiha, S.Ag, M.Pd selaku Pembimbing I dan Muhammad Khairul Rijal, M. Pd selaku Pembimbing II. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap inovasi kurikulum yang diterapkan di SMK Bhakti, karena SMK Bhakti adalah sekolah Pusat Keunggulan serta banyak mendapat prestasi dari tingkat kabupaten sampai dengan nasional bahkan ada juga yang sampai magang ke Jepang, banyaknya Perjanjian Kerja (PK) yang menawarkan diri serta menjalin kerja sama dengan dunia usaha serta dunia industri baik di tingkat provinsi sampai dengan tingkat internasional, hal ini guna mempersiapkan siswa-siswi agar terserap dalam dunia kerja nantinya sehingga ahli dibidangnnya masing-masing serta memaksimal potensi peserta didik sesuai dengan minat bakat, serta jurusan yang dipilih. Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui jenis-jenis inovasi kurikulum yang diterapkan di SMK Bhakti Loa Janan, 2) Untuk mengetahui strategi inovasi kurikulum yang diterapkan di SMK Bhakti Loa Janan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan yang menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh warga sekolah yang terlibat dalam inovasi kurikulum, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan model interaktif Miles dan Hubberman yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Dalam hal ini peneliti membahas serta mengkaji mengenai jenisjenis inovasi kurikulum serta strategi yang dilakukan dalam penerapan inovasi kurikulum di SMK Bhakti Loa Janan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam inovasi kurikulum yang di terapkan di SMK Bhakti sendiri terdapat dua unsur utama yaitu 1) jenis-jenis inovasi kurikulum terdiri atas 4 jenis yakni inovasi kurikulum berbasis kompotensi siswa, inovasi kurikulum berbasis masyarakat, inovasi kurikulum berbasis terpadu dan inovasi kurikulum berbasis sikap. 2) Strategi inovasi kurikulum yang diterapkan terdapat 5 strategi yakni strategi persamaan persepsi, strategi fasilitas, strategi pendidikan, strategi bujukan dan strategi pelaksanaan. SMK Bhakti Loa Janan sesuai hasil penelitian merupakan sekolah yang memaksimal inovasi serta kreatifitas dalam mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal sesuai dengan jurusan yang dipilih, menjamin tersedianya fasilitas serta guru yang profesional dalam memberikan pengajaran serta praktek terhadap siswa-siswinya. Kata Kunci : Inovasi Kurikulum, Jenis dan Strategi Inovasi Kurikulum.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectInovasi Kurikulum, Jenis dan Strategi Inovasi Kurikulumen_US
dc.titleInovasi Kurikulum di SMK Bhakti Loa Jananen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record