Strategi Kepala Madrasah dalam Menanamkan NilaiNilai Karakter Islami kepada Siswa MTs DDI Tani Aman Kota Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Wahyuni, 2023 “Strategi Kepala Madrasah dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islami kepada Siswa MTs DDI Tani Aman Kota Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Muhammad Kusasi, M.Pd selaku pembimbing I dan Wildan Saugi, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui bagaimana strategi kepala madrasah dalam menanamkan nilai-nilai karakter islami kepada siswa MTs DDI Tani Aman. MTS DDI Tani aman adalah salah satu sekolah yang cukup diminati warga dan orang tua di sekitar kelurahan Tani Aman, dengan madarasah yang memiliki Akreditasi A. Kepala madrasah memegang peranan yang sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai karakter islami di sekolah, karena dalam menanamkan nilainilai karakter Islami sangat berkaitan dengan kepala sekolah terutama dalam hal mengkoordinir dan menggerakkan semua sumber daya pendidikan yang ada. Kepala madrasah yang berhasil adalah kepala madrasah yang memahami keberadaan madrasah sebagai organisasi yang kompleks serta mampu melaksanakan peran sebagai seseorang yang diberikan tanggung jawab untuk memimpin suatu sekolah.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah empat yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Lokasi penelitian di MTs DDI Tani Aman dengan informan yaitu Kepala Madrasah, Guru Akidah Akhlak, Guru Fiqih, Guru Al-Qur’an Hadis, Guru SKI, Waka Kesiswaan dan siswa.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa strategi kepala madrasah dalam menanamkan nilai-nilai karakter islami kepada siswa memiliki tiga strategi, strategi yang pertama yaitu strategi pembiasaan, strategi keteladanan dan strategi kedisiplinan. Dalam penerapan strategi kepala madrasah memiliki beberapa program yaitu sholat dhuha berjamaah, sholat dzuhur berjamaah, 5 S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun), membaca Yasin setiap Jum’at, muhadoroh, dan infaq. Faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai karakter islami siswa yaitu guru atau pengajar, sarana dan prasarana dan lingkungan, kemudian faktor penghambatnya yaitu beberapa guru yang masih kurang peduli sama siswa, kemudian faktor lainnya yaitu dari diri siswa sendiri karena siswa MTs DDI Tani Aman merupakan siswa dari berbagai kalangan keluarga yang berbeda-beda, seperti perekonomian, tingkat pendidikan dalam keluarga, gaya hidup serta jam pelajaran agama hanya 2 jam setiap minggunya.