Pengaruh Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Melisa Minarti, 2023. “Pengaruh Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Marniati Kadir, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Muhammad Agil, S.Si, M.Sc selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berpikir kritis siswa yang masih rendah. Dapat dilihat dari cara siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru masih banyak siswa yang belum memahami apa maksud dari pertanyaanpertanyaan tersebut, Seringkali proses pembelajaran cenderung mengingat dan menghafal materi, serta kurang menggunakan pendekatan pembelajaran yang membuat siswa aktif dan kritis dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, dibutuhkan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) karena mampu membangun pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, toleransi, kreativitas dan rasa ingin tahu untuk memperbaiki proses pembelajaran. Dengan demikian, STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) perlu diterapkan dalam proses pembelajaran agar membantu siswa tergali potensinya dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM (science, technology, engineering and mathematics) terhadap keterampilan berpikir kritis pembelajaran tematik pada siswa kelas IV MI Darussalam Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis pre-experimental designs dan menggunakan desain one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa yang ada di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, dokumentasi, dan tes. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan one sample t-test. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data penelitian, maka disimpulkan bahwa pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis pembelajaran tematik pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Samarinda. Hal ini dibuktikan pada perhitungan uji hipotesis menggunakan uji one sample t-test yaitu Signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat diputuskan bahwa Ha diterima. Artinya terdapat peningkatan rata-rata nilai posttest keterampilan berpikir kritis pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics).