Show simple item record

dc.contributor.authorFitriani, Rusda
dc.date.accessioned2023-11-09T03:00:18Z
dc.date.available2023-11-09T03:00:18Z
dc.date.issued2023-08-21
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3619
dc.description.abstractABSTRAK Rusda Fitriani. “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Resiko Dan Kepercayaan Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Melalui Kitabisa.com” Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Tikawati,S.E, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Nurul Fadhilah, S.S.T., ME selaku pembimbing II. Penelitian berlatar belakang bahwa di zaman sekarang ini, hampir setiap aktivitas dilakukan dengan menggunakan teknologi yang canggih. Sistem transaksi yang sedang diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia yaitu salah satunya aplikasi Kitabisa.com. Aplikasi Kitabisa.com adalah aplikasi yang memiliki berbagai jenis fitur layanan yang dapat membantu pelanggan dalam berbagai masalah. Fitur dalam aplikasi Kitabisa.com diantaranya adalah donasi kegiatan sosial, membantu biaya penyembuhan orang sakit, berdonasi untuk korban bencana alam, qurban, pembangunan masjid, pesantren, dan salah satu diaplikasi ini yaitu zakat. Dalam hal ini masyarakat umum dapat membayar salah satu dari aplikasi Kitabisa.com yaitu zakat secara online. Kitabisa.com ini bisa diakses melalui website dan mobile aplikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, persepsi resiko dan kepercayaan terhadap minat muzakki membayar zakat melalui Kitabisa.com” Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah wilayah kalimantan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling dengan sampel sebanyak 96 responden. Metode yang digunakan yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebar melalui google form. Teknik analisa data yakni uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh adalah variabel kemudahan dan variabel resiko secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat melalui Kitabisa.com. Sedangkan variabel kemanfaatan dan variabel kepercayaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat melalui Kitabisa.com. Secara simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar 25,104 > Ftabel 2,316 maka dapat disimpulkan bahwa kemudahan, kemanfaatan, resiko, dan kepercayaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat melalui Kitabisa.com. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 52,5% variabel minat dipengaruhi oleh variabel kemudahan (X1), variabel kemanfaatan (X2), variabel resiko (X3), variabel kepercayaan (X4), dan sisanya 47,5 % dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak dimaksud dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kemudahan, Kemanfaatan, Resiko, Kepercayaan, Minaten_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKemudahan, Kemanfaatan, Resiko, Kepercayaan, Minaten_US
dc.titlePengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Resiko Dan Kepercayaan Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Melalui Kitabisa.comen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record