Show simple item record

dc.contributor.authorRusnia, Venny
dc.date.accessioned2023-11-09T03:26:11Z
dc.date.available2023-11-09T03:26:11Z
dc.date.issued2023-06-18
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3620
dc.description.abstractABSTRAK Venny Rusnia, 2023. Analisis Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan pada Toko Grosir Isma Kosmetik dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Skripsi, Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis I slam, Universitas Islam negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Sugiyono, M. Kom dan Ibu Yovanda Noni, SE,. M.E Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kian pesatnya pengguna bisnis online membuat sejumlah toko ritel mengalami kebangkrutan, yang disebabkan oleh perubahan perilaku konsumen, lebih memilih untuk berbelanja di toko online. Sehingga Toko Grosir Isma Kosmetik melakukan upaya-upaya dengan membangun strategi dalam menjalankan pemasarannya agar dapat mempertahankan dan meningkatkan siklus penjualan serta mencapai target pasar. Namun, demi mencapai target pasar terdapat beberapa pelaku usaha yang menjalankan pemasarannya tidak sesuai dengan ekonomi syariah, seperti melakukan penipuan, dan kecurangan. Termasuk pada Toko Grosir Isma Kosmetik yang menggunakan strategi bauran pemasaran, dimana potensi-potensi seperti unsur kecurangan dan penipuan bisa saja terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi bauran pemasaran yang dilakukan pada Toko Grosir Isma Kosmetik dan untuk mengetahui pandangan ekonomi syariah terhadap strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh Toko Grosir Isma Kosmetik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (field research). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini yaitu Toko Grosir Isma Kosmetik. Teknik analisi melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data melalui perpanjangan observasi, meningkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, penggunakan bahan referensi dan member check. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa Toko Grosir Isma Kosmetik melakukan 7 bauran pemasaran yaitu, produk yang berkualitas dan menyediakan berbagai macam produk, menetapkan harga berdasarkan modal serta sesuai dengan harga pasar, berlokasi ditempat yang strategis, melakukan promosi melalui sosial media dan secara langsung, pelayanan yang ramah, proses yang mudah dan cepat, serta bukti fisik toko yang berada di jalan niaga 1, memiliki toko online di Instagram serta tata letak produk yang rapi sehingga memudahkan pelanggan. Toko Grosir Isma Kosmetik juga telah menerapkan konsep pemasaran syariah seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW yaitu sifat Fathanah karena pelaku usaha cerdas dalam melihat peluang sehingga memiliki toko online, toko belum sepenuhnya menerapkan sifat Amanah karena pelaku usaha bertanggung jawab dalam usahanya namun produk yang dijual tidak semua memiliki sertifikat halal sehingga masih belum diketahui apakah kandungan dalam produk halal untuk digunakan, toko telah menerapkan sifat Shiddiq karena pelaku usaha memberikan informasi apa adanya kepada pelanggan, dan toko telah menerapkan sifat Tabligh karena pelaku usaha komunikatif. Kata Kunci : Analisis, Bauran Pemasaran, Penjualan, Perspektif, Ekonomi Syariahen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectAnalisis, Bauran Pemasaran, Penjualan, Perspektif, Ekonomi Syariahen_US
dc.titleAnalisis Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan pada Toko Grosir Isma Kosmetik dalam Perspektif Ekonomi Syariahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record