Show simple item record

dc.contributor.authorHusna, Anisa Amalia
dc.date.accessioned2023-11-10T02:01:42Z
dc.date.available2023-11-10T02:01:42Z
dc.date.issued2023-09-25
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3626
dc.description.abstractABSTRAK Anisa Amalia Husna, 2023. “Manajemen Program Unggulan Tahfidz Qur’an Berasrama Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh pembimbing I Dra. Etty Nurbayani, M.Pd dan pembimbing II Muhammad Khairul Rijal, M.Pd. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini karena dalam dunia pendidikan yang kompetitif seperti sekarang madrasah dituntut untuk mampu menghasilkan lulusan yang menguasai baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagai satu-satunya Madrasah Tsanawiyah negeri di Samarinda, kehadiran program unggulan tahfidz Qur’an berasrama menjadi hal yang membedakan MTs Negeri Samarinda dari sekolah atau madrasah lainnya. Program ini sejalan dengan visinya yaitu terciptanya madrasah unggul dalam mutu, IPTEK dan IMTAQ dengan misi madrasah menumbuhkan penghayatan terhadap nilai ajaran agama Islam serta mewujudkan lingkungan sekolah yang agamis, beriman, bertaqwa dan berkarakter. Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda merupakan satu-satunya sekolah negeri setara SMP yang memiliki program unggulan tahfidz Al-Qur’an berasrama di Kalimantan Timur. Dalam hal mengelola program unggulan madrasah tidaklah mudah. Oleh karena itu diperlukannya manajemen dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga pengawasan agar program dapat terlaksana secara efektif serta efisien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manajemen program unggulan tahfidz Al-Qur’an berasrama, dan faktor penghambat dan pendukung dalam manajemen program unggulan tahfidz Al- Qur’an berasrama. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu,kepala madrasah, pengurus bidang program tahfidz, koordinator guru tahfidz, pembina asrama, serta peserta didik yang mengikuti program unggulan tahfidz Qur’an berasrama. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari empat tahap yaitu, pengumpul data, kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen program unggulan tahfidz Qur’an berasrama di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda, terdiri dari beberapa proses yang yaitu, Perencanaan menetapkan program, pengadaan sumber daya, penetapan kurikulum pembelajaran, dan penetapan kriteria peserta didik yang melibatkan seluruh stakeholder. Pengorganisasian dibentuk struktur kecil demi kelancaran program unggulan tahfidz Qur’an berasrama. Pelaksanaan yaitu pembagian jadwal, pelaksanaan kegiatan sebelum hafalan dan muroja’ah, pelaksanaan hafalan didalam kelas belajar mengajar, sima’an bil ghoib dan Mini MTQ. Pengawasan dalam bentuk pengontrolan berkala dan evaluasi yang melibatkan internal maupun eksternal madrasah. Faktor pendukung yaitu guru yang kompeten dibidangnya, dukungan berbagai pihak serta orang tua peserta didik, tempat yang nyaman, serta motivasi. Faktor penghambat hanya ada pada diawal pembangunan, serta pada pembagian waktu menghafal.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectManajemen, Program Unggulan, Tahfidz Qur’anen_US
dc.titleManajemen Program Unggulan Tahfidz Qur’an Berasrama Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record