Show simple item record

dc.contributor.authorRiski, Muhammad Hadinata
dc.date.accessioned2023-11-13T03:18:25Z
dc.date.available2023-11-13T03:18:25Z
dc.date.issued2023-06-09
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3636
dc.description.abstractABSTRAK Muhammad Hadinata Riski, 2023. “Strategi Marketing Syariah Dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Usaha di Kalangan Mahasiswa UINSI Samarinda”. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Jurusan Ekonomi Syariah (ES) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj.Darmawati, M.Hum dan Irma Yuliani, SE., M.S.i Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaku usaha di kalangan mahasiswa yang sedang menjalankan usaha bisnis. Usaha ini memiliki prospek yang cukup baik, pelaku usaha setiap bulannya selalu menetapkan target usaha yang harus dicapai sehingga harus menentukan strategi marketing yang lebih baik agar mencapai target keuntungan. Tujuan dari penelitian skripsi ini untuk mengetahui strategi marketing syariah pelaku usaha meningkatkan pendapatan di kalangan mahasiswa UINSI Samarinda dan mengetahui implementasi marketing syariah pelaku usaha meningkatkan pendapatan di kalangan mahasiswa UINSI Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan didukung oleh sumber data primer dan data sekunder. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lalu menggunakan teknik sampling berupa accidental sampling, kemudian teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Serta teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing pelaku usaha di kalangan mahasiswa UINSI Samarinda dengan menerapkan bauran pemasaran 7P yaitu produk dengan memberikan kualitas terbaik; menetapkan harga yang murah dan terjangkau; mempromosikan produknya melalui sosial media, teman dan keluarga; memilih tempat yang strategis, bersih, dan nyaman; proses pelayanan yang ramah dan sopan; orang/SDM membutuhkan tenaga manusia untuk menjalankan usaha; dan bukti fisik memberikan fasilitas tempat. Kemudian implementasi marketing syariah pelaku usaha di kalangan mahasiswa UINSI Samarinda yaitu produk yang halal tanpa ada praktik spekulasi gharar atau maysir; menetapkan harga yang murah dan tidak ada unsur maysir; promosi produk dengan apa adanya tanpa berlebihan; tempat yang strategis dan distribusi produk dilakukan dengan baik; proses pelayanan yang jujur, ramah, dan sopan; orang/SDM belum berjalan dengan baik karena pelaku usaha masih mengelola bisnisnya sendiri tanpa bantuan karyawan; hanya pelaku usaha yang memiliki toko yang telah memberikan fasilitas tempat yang nyaman. Kemudian sifat shiddiq ialah jujur dalam menyampaikan kualitas produknya; amanah ialah pelaku usaha dipercaya menjual produk dengan kualitas yang baik; fathanah ialah cerdas melihat peluang yang ada; dan tabligh ialah menjelaskan produk dengan mudah dipahami pelanggan. Sehingga implementasi marketing syariah telah diterapkan dengan baik oleh pelaku usaha untuk meningkatkan pendapatan di kalangan UINSI Samarinda. Kata Kunci: Strategi Marketing Syariah Pelaku Usahaen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi Marketing Syariah Pelaku Usahaen_US
dc.titleStrategi Marketing Syariah Dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Usaha di Kalangan Mahasiswa UINSI Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record