Pengaruh Kualitas Produk Dan Penerapan Nilai Islam Terhadap Kepuasan Nasabah
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Rafit Shahib, 1831811142, Pengaruh Kualitas Produk Dan
Penerapan Nilai Islam Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank Syariah Indonesia
KCP Samarinda Seberang. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI)
Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Irma Yuliani, M.Si sebagai pembimbing
I dan Bapak Anwaril Hamidy, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya Bank Syariah Indonesia yang
merupakan jasa perbankan yang menyediakan berbagai produk yang berprinsip
syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk,
Penerapan Nilai Islam terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI)
KCP Samarinda Seberang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosisatif. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah BSI KCP Samarinda Seberang
sebanyak 4.800 nasabah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100
nasabah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kuisioner (angket).
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi
klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2
) dengan
bantuan software SPSS 25.
Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa Kualitas Produk (X1) secara parsial
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan nilai thitung sebesar
(6.514) > ttabel sebesar (1.985) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Penerapan Nilai
Islam (X2) secara parsial tidak berpengaruh signifikan dengan nilai thitung sebesar
(0,998) < ttabel (1,985). dan nilai signifikansi 0,321 > 0,05. Hasil perhitungan uji F,
disimpulkan bahwa Kualitas Produk dan Penerapan Nilai Islam secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Jika dilihat melalui Fhitung
(78,016) > Ftabel (2,70) dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa secara bersama –
sama Variabel Kualitas Produk dan Penerapan Nilai Islam berpengaruh terhadap
variabel Kepuasan Nasabah (Y).
Kata kunci : Kualitas Produk, Penerapan Nilai Islam dan Kepuasan Nasabah