Efektivitas Penggunaan Media Sempoa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Di SDN 005 Loa Buah
Abstract
ABSTRAK
CATUR SUCI NURBAHIRA MARJULIA, 2023, “Efektivitas Penggunaan Media Sempoa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Di SDN 005 Loa Buah”. Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Sunanik, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah terdapat lebih dari setengah siswa yang ada di kelas 4 SDN 005 Loa Buah yang hasil belajar Matematika khususnya materi penjumlahan dan pengurangan belum mencapai nilai KKM yaitu 75 ditandai dengan penilaian akhir semester 1 pada tahun ajaran 2022/2023 terdapat 53,98% siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Hal ini menyebabkan dalam kegiatan pembelajaran siswa hanya mendengarkan penjelasan yang sampaikan tanpa banyak terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Maka dari itu peneliti membuat media sempoa yang diharapkan menarik perhatian dan meningkatkan semangat siswa belajar matematika khususnya pokok pembahasan penjumlahan dan pengurangan agar hasil belajarnya dapat lebih meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media sempoa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 4 SDN 005 Loa Buah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis desain yang digunakan adalah True Experimental dengan Post-tes only Control Grup Design. Model ini melibatkan dua kelompok yaitu kontrol dan eksperimen menggunakan pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data di Penelitian ini menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data peneliti meganalisis data dengan mengujikan uji normalitas data dan uji homogenitas data sebelum melakukan pengujian hipotesis uji t. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling jenuh yaitu seluruh siswa kelas IV A dan IV B SDN 005 Loa Buah berjumlah 56 siswa. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sempoa efektif pada hasil belajar siswa kelas IV SDN 005 Loa Buah. Hal ini dibuktikan dengan uji normalias nilai signifikasi semua data baik pada Kolmogorov-smirnov 0,144- 0,200 maupun Shopiro-wilk 0,028-0,567 dapat dikatakan berdistribusi normal > 0,05. Adapun uji homogenitas pada signifikasi Besed on Mean 0,162 > 0,05 maka varians data pretest – posttes homogen. Uji hipotesis dari uji “t” dengan a taraf signifikansi (2-tailed) < 0,05 dapat dinyatakan 0,014 < 0,05 Jadi Ha diterima dan Ho ditolak berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan media sempoa dengan siswa yang tidak menggunakan media sempoa. Dapat disimpulkan bahwa adanya hasil efektivitas penggunaan media sempoa terhadap hasil belajar siswa kelas 4 SDN 005 Loa Buah.