Show simple item record

dc.contributor.authorFathan, Fathan
dc.date.accessioned2023-11-21T01:32:46Z
dc.date.available2023-11-21T01:32:46Z
dc.date.issued2023-10-06
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3647
dc.description.abstractABSTRAK Fathan, 2023. “Implementasi Pemasaran Syariah pada UMKM Kerajinan Rajut Wawa Etrika Kutai Kartanegara”. Skripsi. Prodi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UINSI) Samarinda, dibimbing oleh Bapak Muhammad Iswadi, M.SI. selaku dosen pembimbing I dan Bapak Anwaril Hamidy, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Pesatnya pertumbuhan usaha souvenir di Tenggarong Kutai Kartanegara menjadikan usaha kerajinan rajut wawa ini memiliki banyak pesaing. Menyadari persaingan ini, pengusaha kerajinan rajut harus melakukan pengembangan usaha. Karena itu diperlukan rancangan penerapan pemasaran syariah yang tepat sasaran dan sesuai. Contohnya pengusaha kerajinan rajut harus memperhatikan 4P yakni Product, Price, Place dan Promotion. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi pemasaran syariah di UMKM kerajinan Rajut Wawa Etrika di Kutai Kartanegara, serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung UMKM Kerajinan Rajut Wawa Etrika di Kutai Kartanegara dalam penerapan pemasaran Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan deskriptif kualitatif, lokasi penelitian di jalan Kendoyan Km 20, RT 05, Loa Ipuh Darat, Tenggarong Kutai Kartanegara. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder,data primer yang digunakan adalah dengan survei lapangan yang menggunakan semua metode pengumpulan data, sedangkan data sekunder yang digunakan meneliti atau melihat kajian sebelumnya yang diperoleh dari perpustakaan, buku, jurnal dan skripsi yang berkaitan dengan pemasaran Islam. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, Adapun wawancara yang dilakukan kepada pemilik toko dan konsumen. Teknik analisis data yaitu melakukan pengelompokan data, melakukan reduksi data, mendisplay data dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Penelitian difokuskan di UMKM kerajinan Rajut Wawa. Subjek dan Objek adalah Kerajinan Rajut Wawa Etrika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk implementasi pemasaran yang dilakukan pengusaha kerajinan rajut wawa Etrika yaitu menerapkan 4P kualitas produk, menetapkan harga yang sesuai, memilih tempat yang strategis, melakukan promosi melalui media sosial. Faktor pendukung di Kerajinan Rajut Wawa Etrika adalah Etrika Pemasaran online seperti, kemudahan dalam akses penjualan dan pembelian barang, karena Kerajinan Rajut Wawa Etrika menjual Produk melalui media sosial Seperti: Facebook, Instagram, Whatsapp, Dan juga shopee. Sedangkan faktor penghambatnya kurang minatnya konsumen dalam memilih produk karena lebih memilih produk modern dari pada tradisional. Kata kunci : Implementasi, pemasaran syariah, UMKM, Kerajinan Rajut.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectImplementasi, pemasaran syariah, UMKM, Kerajinan Rajut.en_US
dc.titleImplementasi Pemasaran Syariah pada UMKM Kerajinan Rajut Wawa Etrika Kutai Kartanegaraen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record