Show simple item record

dc.contributor.authorNurlindasari, Nurlindasari
dc.date.accessioned2023-11-21T02:11:15Z
dc.date.available2023-11-21T02:11:15Z
dc.date.issued2023-08-18
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3648
dc.description.abstractABSTRAK Nurlindasari, 2023. “Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN 023 Sepaku”. Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr.Suratman selaku pembimbingI Ibu Mujahidah M.Si selaku sebagai pembimbiing II. Alasan dilakukannya penelitian ini agar peserta didik memiliki keterampilan komunikasi yang baik, terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dilakukan pada peserta didik agar lebih baik dalam proses pada saat pembelajaran bahasa Indonesia berlangsung. Seingga guru tidak hanya menggunakan model pembelajaran yang monoton. Oleh karena itu, metode inkuiri harus diterapkan dalam proses pembelajaran, agar siswa belajar lebih aktif, banyak bertanya dan menjawab pertanyaan. Tujuan dari penelitian ini ialah guna mengetahui pengaruh pendekatan inkuiri terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN 023 Sepaku. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif menggunakan true experimental design. Desain yang digunakan adalah desain pretest-posttest group control. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas IV yaitu 64 siswa. 64 siswa ini mencakupi kelas IV A,B, dan C. kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh pendekatan inkuiri terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas IV pada mata pelajarn Bahasa Indoensia di SDN 023 Sepaku. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis mengunakan uji Independent sample t-test adalah uji yang memakai dua sampel yang berbeda. Adapun kriteria pengambilan keputusannya untuk pengujian adalah jika sig.(2- tailed) t-test < 0,05 atau jika t hitung < t tabel maka pengujian berhasil. Hasil dari uji t independent sampel t-test adalah 0,000 < 0,05 yang dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan inkuiri terhadap keterampilan komunikasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 023 Sepaku.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPendekatan Inkuiri, Keterampilan Komunikasi, Siswaen_US
dc.titlePengaruh Pendekatan Inkuiri Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN 023 Sepakuen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record