Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Panic Buying Konsumen Muslim Desa Muara Telake Kabupaten Paser Terhadap Kenaikan Harga BBM Dan Sembako
Abstract
ABSTRAK
Khairunisa, 2023. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Panic Buying Konsumen Muslim Desa Muara Telake Kabupaten Paser Terhadap Kenaikan Harga BBM Dan Sembako. Skripsi, Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Sugiyono, M.Kom sebagai pembimbing 1 dan Ibu Dharma Yanti, S.E., M.Si sebagai pembimbing 2.
Latar belakang dalam penelitian ini berkaitan dengan adanya pemberitaan Covid-19 beberapa tahun lalu serta fluktuasi harga bahan pokok terutama sembako dan solar di Desa Muara Telake, diikuti terbatasnya pasokan barang sehingga konsumen muslim di Desa Muara Telake melakukan pembelian yang tidak terduga tanpa memikirkan secara rasional. Pembelian ini terjadi karena kepanikan konsumen. Panic buying bisa teratasi jika konsumen melakukan pembelian secara normal dan memikirkan orang lain sehingga tidak perlu panik dalam berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku sosial, paparan media sosial, kebutuhan dan harga terhadap panic buying di Desa Muara Telake, secara parsial dan simultan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. pendekatan yang digunakan adalah deskriptif asosiatif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling teknik purposive sampling, penentuan jumlah sampel berdasarkan rumus Slovin berjumlah 100 responden. Lokasi penelitian ini adalah Desa Muara Telake. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrument data, uji asumsi klasik, dan uji regresi linear berganda.
Adapun hasil penelitian berdasarkan uji parsial (uji T) menunjukkan bahwa, perilaku sosial berpengaruh secara signifikan terhadap panic buying dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Paparan media sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap panic buying dengan nilai sig. 0,434 > 0,05. Kebutuhan berpengaruh secara signifikan terhadap panic buying dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Harga tidak berpengaruh secarah signifikan terhadap panic buying dengan nilai sig. 0,520 > 0,05. Berdasarakan uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan perilaku sosial, paparan media sosial, kebutuhan dan harga secara bersama-sama terhadap panic buying.
Kata Kunci : Perilaku Sosial, Paparan Media Sosial. Kebutuhan, Harga, Panic Buying