Show simple item record

dc.contributor.authorNovi Aristi, Nor Cholifah
dc.date.accessioned2023-11-22T02:38:40Z
dc.date.available2023-11-22T02:38:40Z
dc.date.issued2023-09-19
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3654
dc.description.abstractABSTRAK Nor Cholifah Novi Aristi 2023. “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 22 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd dan Muhammad Khairul Rijal, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya kebiasaan membaca dikalangan siswa khususnya sekolah menengah pertama (SMP) sehingga pemerintah membuat program melalui kurikulum k13 yaitu gerakan literasi sekolah yang saat ini diterapkan disalah satu sekolah di SMP Negeri 22 Samarinda. Gerakan literasi sekolah merupakan pembiasaan siswa agar memiliki kemampuan untuk mengakses, memahami, dan menggunakan berbagai aktivitas yang diantaranya membaca, melihat, menyimak, menulis dan berbicara melalui pembiasaan membaca 15 menit sebelum memulai pelajaran. Maka dari itu peneliti ingin melihat apakah dari pembiasaan membaca yang ada pada gerakan literasi sekolah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dimana akan dilihat melalui nilai hasil belajar siswa (rapot). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 22 Samarinda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif ex post facto. Sampel dalam penelitian ini yaitu dimana penelitian mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel, yaitu sebanyak 40 guru yang menjadi objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket dan dokumentasi. Instrumen angket digunakan untuk memperoleh data dari setiap variabel, instrument dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan dan menguatkan data penelitian. Hasil dari pengumpulan data tersebut di analisis dengan menggunakan uji regresi linier sederhana, korelasi Product Moment, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah gerakan literasi sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 22 Samarinda. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi linier dan korelasi product moment sebesar 0,888, yang berdasarkan tabel interprestasi nilai r menunjukkan angka tersebut berada pada skala antara 0,81 – 1,00 yang berarti korelasi antara gerakan literasi sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 22 Samarinda tergolong sangat kuat. Adapun dari hasil uji t dengan taraf signifikasi 0,05, didapatkan hasil sig.2(tailed) 0,000, yang artinya hasilnya < 0,05. Sehingga demikian variabel X (gerakan literasi sekolah) berpengaruh terhadap variabel Y (prestasi belajar), dapat juga dilihat dari hasil thitung > ttabel yaitu 11.901 > 1.683 yang artinya variabel X (gerakan literasi sekolah) berpengaruh terhadap variabel Y (prestasi belajar). Nilai R Square (koefisiendeterminasi) menunjukan 0,788, dalam nilai interprestasi berada pada skala 0,700 – 0,900, yang artinya pengaruh antara gerakan literasi sekolah pada prestasi belajar terdapat pengaruh yang kuat. Selanjutnya untuk perhitungan koefisien determinasi maka gerakan literasi sekolah memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 78,8%.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectGerakan Literasi, Sekolah, Prestasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 22 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record