pengaruh harga, gaya hidup dan kepercayaan terhadap minat beli di live streaming tiktok (studi kasus mahasiswa UINSI Samarinda)
Abstract
ABSTRAK
Samila, 2023. “ pengaruh harga, gaya hidup dan kepercayaan terhadap minat beli di live streaming tiktok (studi kasus mahasiswa UINSI Samarinda)” Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas, Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Shafa, S.Pd.I., M.Pd dan Ibu Dharma Yanti, S.E., M.Si.
Perkembangan teknologi dalam media sosial semakin berkembang seperti menggabungkan antara media sosial dengan E-Commerce seperti tiktok. Tiktok saat ini mengeluarkan fitur untuk memudahkan dan memberikan penawaran produk yang lebih murah yaitu live streaming tiktok. Kesempatan ini dimanfaatkan para konsumen (dalam hal ini mahasiswa) untuk membeli produk dengan harga murah dan memenuhi gaya hidup pada toko/store yang dipercayainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, gaya hidup dan kepercayaan terhadap minat beli di live streaming tiktok (studi kasus mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa UINSI Samarinda dengan jumlah 5.581 mahasiswa . Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dengan metode Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan data yang telah diuji dan diolah maka diperoleh hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa variabel harga secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat beli di live streaming tiktok, dengan nilai signifikan 0,297 ≥ 0,05, dan nilai t hitung -1,048 ≤ t tabel 1,985. Variabel gaya hidup secara parsial berpengaruh terhadap minat beli di live streaming tiktok, dengan nilai signifikan 0,000 ≤ 0,05 dan nilai t hitung 4,760 ≥ t tabel 1.985. Variabel kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap minat beli di live streaming tiktok, dengan nilai signifikan 0,000 ≤ 0,05 dan nilai t hitung 3,729 ≥ t tabel 1,985. Variabel harga, gaya hidup, dan kepercayaan secara simultan berpengaruh terhadap minat beli di live streaming tiktok dengan nilai signifikan sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan nilai F hitung 33,332 ≥ 2,70.
Kata Kunci : harga, gaya hidup, kepercayaan, minat beli