Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Buket Di Toko MK Buket Florist
Abstract
ABSTRAK
Siti Zulfa, 2023. “Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Buket Di Toko MK Buket Florist”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Tikawati, S.E., M.Si dan Bapak Anwaril Hamidy, M.Pd.
Toko MK Buket Florist merupakan salah satu toko buket yang menyediakan buket secara ready dan dapat memesannya secara dadakan. Toko ini berada di daerah Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur dan telah berdiri sejak tahun 2022. Dengan promosi yang dilakukan melalui sosial media (instagram) toko ini mengalami kenaikan kunjungan profil instagram dan juga penjualan. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian buket pada MK Buket Florist.
Metode penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif. Penentuan pengambilan sampel menggunakan teknik non- probability sampling. Sampel pada penelitian ini menggunakan rumus slovin sehingga didapatkan sebanyak 100 dari responden yang telah membeli buket pada toko MK Buket Florist. Dengan populasi sebanyak 1292 orang yang terdata dalam pembelian buket tahun 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan aplikasi google form dan disebarkan menggunakan aplikasi Whatsapp kepada responden yang pernah membeli buket di toko MK Buket Florist. Teknik pengukuran data menggunakan skala likert. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Data yang berhasil dikumpulkan, selanjutnya dianalisis menggunakan software SPSS.
Penelitian ini menggunakan beberapa uji analisis data. Pertama, uji instrumen penelitian, yaitu validitas dan reliabilitas. Kedua, uji asumsi klasik dengan 4 uji yaitu normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan uji linearitas. Ketiga, uji hipotesis dan keempat uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa harga memiliki pengaruh positif sebesar 2,474 > 1,985 terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya kualitas produk memiliki pengaruh positif sebesar 4,452>1,985 terhadap keputusan pembelian. Dan keputusan pembelian memiliki pengaruh positif sebesar 4,019>1,985 terhadap keputusan pembelian. Adapun secara simultan variabel independen memiliki pengaruh terhadap variabel dependen dengan nilai f sebesar 71,246 > 2,70 f tabel, dan signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Adapun berdasarkan uji koefisien determinasi besaran pengaruh variabel independen terhadap dependen yaitu sebesar 69%.
Kata kunci: Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian.