Pengaruh Model Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Melly Fradila, 2023. “Pengaruh Model Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Wildan Saugi, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan ibu Maulida Ulfa Hidayah, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Samarinda. Penelitian ini dilatar belakangi masih terdapatnya 20 siswa dari dua kelas IVA (kelas eksperimen) dan IVB (kelas kontrol) yang memiliki hasil belajar bahasa Indonesia belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini ditandai dengan adanya rasa bosan dalam mengikuti pembelajaran dan dalam mengerjakan tugas, dikarenakan proses pembelajaran hanya berpusat kepada guru (metode ceramah) dengan menggunakan media buku LKS saja. Maka dari itu, penulis tertarik untuk menggunakan model scramble karena model scramble ini memiliki kelebihan, yaitu dapat memperbaiki proses pembelajaran dan membangun lingkungan belajar yang menyenangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa kelas control (IVB) dan 40 siswa kelas eksperimen (IVA). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes (pretest & posttest), dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengunakan uji validitas, uji reliabilitas dilanjutkan dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis independent sample t test dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS versi 24.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada penelitian, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Samarinda. Hal ini dibuktikan dari Uji T dengan Independent Sample t Test mengunakan IBM SPSS versi 24 diperoleh dalam perhitungan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < Sig 0,05 maka sebagaimana pengambilan keputusan uji independent sample t test bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan, dari data tersebut menunjukkan bahwa adanya perbedaan nilai ratarata yang signifikan antara kelas eksperimen dengan menggunakan model scramble dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional.