Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Kuartet Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Di Madrasah Ibitdaiyah At-Taqwa Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Suci Noviyanti, 2023. “Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Kuartet Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Di Madrasah Ibitdaiyah At-Taqwa Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Indris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M.Ag selaku pembimbing I dan Wildan Saugi, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesenjangan di kelas berkaitan dengan media pembelajaran yang digunakan guru yakni guru menggunakan media yang ada dikelas saja berupa papan tulis dan sumber belajar yang digunakan hanya buku LKS sehingga kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sehingga berlangsung secara monoton. Dalam aktivitas belajarnya juga guru hanya menjelaskan materi, menulis materi kemudian mengerjakan tugas sehingga timbulnya sikap siswa yang tidak menyimak penjelasan guru ketika menerangkan materi pembelajaran, siswa yang bercengkrama dengan sesama teman, dan dalam mengerjakan soal siswa lebih memilih mencontek daripada mencari jawaban dengan membaca buku sehingga menyebabkan hasil belajar siswa dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimum (dibawah 75). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Kartu Kuartet terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) siswa kelas V di MI AtTaqwa Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan memakai desain non-equivalent control group design. Lokasi penelitian ini berada di MI At-Taqwa Samarinda. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, jumlah sampel sebanyak 90 siswa yaitu kelas Eksperimen (VA) 44 siswa dan kelas Kontrol (VB) 46 siswa. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independen sampel t-test, dan uji effect size.
Mengenai hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu Dalam penerapan media pembelajaran kartu kuartet pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dilihat dari hasil Uji Independent Sample t test diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 maka disebut Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan adanya pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) siswa kelas V di MI At-Taqwa Samarinda. Peneliti juga memakai uji effect size untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan media ajar kartu kuartet terhadap hasil belajar pada pelajaran PPKn hasilnya didapatkan nilai 1,3 setelah diamati pada tabel Cohen’d nilai persentasenya adalah 90%. Maka dari itu dapat ditarik kesimpulan bahwasanya media atau alat pembelajaran Kartu Kuartet mempunyai pengaruh yang besar terhadap hasil belajar mata pelajaran kewarganegaraan siswa kelas V di MI At-Taqwa Samarinda